FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 01-2022

    2293

    Indonesia Dukung Deklarasi Nay Pyi Taw untuk Perkuat Transformasi Digital ASEAN

    SIARAN PERS NO. 30/HM/KOMINFO/01/2022
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 30/HM/KOMINFO/01/2022

    Jumat, 28 Januari 2022

    Tentang

    Indonesia Dukung Deklarasi Nay Pyi Taw untuk Perkuat Transformasi Digital ASEAN

    Pemerintah Indonesia mendukung Deklarasi Nay Pyi Taw mengenai Digital Transformation: The Engine for ASEAN Economic Recovery from Covid-19.  Deklarasi itu bertujuan untuk mengurangi dampak ekonomi dan sosial yang dirasakan oleh pandemi Covid-19 di kawasan ASEAN. 

    Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Mira Tayyiba transformasi digital memiliki peran sebagai akselarator pemulihan melalui panduan dan kebijakan data digital, keamanan siber, dan platform daring. Selain itu diperlukan regulasi konten untuk penyediaan layanan berbasis digital seluas-luasnya pada jasa dan layanan publik dan pemerintahan. 

    “Ekosistem digital yang aman dan terpercaya di kawasan diantaranya dapat diwujudkan dengan ruang siber yang aman dan tangguh bagi aktivitas digital, pemerintahan digital yang handal dengan layanan terdistribusi, kebijakan pemanfaatan teknologi digital, dan pengelolaan data digital dalam memfasilitasi perdagangan dan pertukaran data lintas batas,” jelasnya dalam The 2nd ASEAN Digital Ministers Meeting (ADGMIN-2) yang berlangsung virtual dari Jakarta Pusat, Kamis  (27/01/2022).

    Forum ADGMIN-2 mengesahkan deliverables: (1) ASEAN Cybersecurity Cooperation Strategy 2021-2025 dan The ASEAN Regional CERT Implementation Paper; (2) ASEAN Guidelines on 5G Ecosystem Development. 

    Lebih lanjut, pertemuan mencatat perkembangan sejumlah proyek implementasi tahun 2021, yaitu (1) ASEAN Policy Guideline for the use of Blockchain Technology for Digital Government (2) ASEAN Strategic Guidance on Artificial Intelligence (AI) and Digital Workforce. 

    “ASEAN Strategic Guidance on AI merupakan deliverables yang dikembangkan oleh Indonesia, termasuk penyelenggaraan workshop pada tanggal 22 Oktober 2021,” jelas Sekjen Kementerian Kominfo.

    Menurut Sekjen Mira Tayyiba, Pemerintah Republik Indonesia juga ikut serta pada program prioritas ASEAN di tahun 2021 berupa ajang kompetisi TIK yang diimplementasikan oleh negara anggota ASEAN lainnya.

    “Indonesia menjadi pemenang pada: ASEAN ICT Award dengan perolehan medali 2 emas oleh Jakarta Kini (JAKI) Kategori Sektor Publik dan Nodeflux kategori Sektor Privat, 1 perak oleh Super Neli Season 1 kategori Konten Digital, serta 2 perunggu oleh Omnibotika kategori sektor privat, Nayakalara kategori Corporate Social Responsibility, dan Rivest “Your Smart Driving System” Kategori Research and Developmentm,” paparnya. 

    Indonesia pada ASEAN Cyber Kids Camp berhasil meraih juara pertama ACC 2021, dengan karya yang mengusung tema “Technology saves lives during Covid-19 pandemics”, Indonesia diwakili oleh 2 (dua) siswa yaitu: Maulana Amru Rayyan dan Syddra Iram Nagara serta 1 (satu) tutor pendamping, yaitu Dina Sofiana.

     

    Pertemuan ADGMIN-2 dengan Negara Mitra Wicara 

    Pemerintah Republik Indonesia menekankan signifikansi ADM2025 untuk mewujudkan ambisi digital ASEAN sebagai leading digital community and economic bloc.

    Dalam pertemuan ADGMIN-2 Plus Tiongkok, Sekjen Kementerian Kominfo menyampaikan apresiasi atas kegiatan bersama sektor ekonomi digital, dan pelatihan teknis keamanan infrastruktur 5G tahun 2021.

    “Pertemuan itu mengadopsi Rencana Aksi tentang Implementasi Kemitraan ASEAN-China untuk Kerjasama Ekonomi Digital, 2021 -2025 (Rencana Aksi Kemitraan ASEAN-China 2025),” jelasnya.

    Menurut Sekjen Mira Tayyiba, Indonesia mendukung Rencana Aksi Kemitraan ASEAN-China 2025 yang sejalan dengan prioritas kerja nasional Indonesia, yaitu: (1) pemanfaatan teknologi digital dalam penanganan dan kebijakan tentang pandemi Covid-19; (2) literasi digital bagi masyarakat luas dan peningkatan kapasitas UMKM Indonesia; dan (3) keamanan siber sebagai upaya menyediakan ruang siber yang aman dan tangguh bagi aktivitas digital.

    Dalam pertemuan ADGMIN-2 Plus India, negara-negara ASEAN mengakui kemajuan yang dicapai India dalam pembentukan Centers of Excellence dalam Pengembangan dan Pelatihan Perangkat Lunak (CESDT) di Kamboja, Laos, Myanmar, dan VietNam. “Pertemuan mengesahkan Rencana Kerja ICT ASEAN-India 2022 yang mendukung inisiatif ADM2025 termasuk pembentukan ASEAN-India Advanced IT Knowledge Hub (AIKH) di Center for Development of Advanced Computing (C-DAC), capacity building dan knowledge sharing,” jelas Sekjen Kementerian Kominfo.

    Dalam pertemuan itu, Sekjen Mira Tayyiba juga menyampaikan harapan untuk dukungan dan kerja sama Republik India yang berkelanjutan ke ASEAN di bidang teknologi yang sedang berkembang.

    “Seperti 5G, Internet of Things (IoT), TIK dalam manajemen bencana, serta menciptakan Masyarakat Cerdas. Prioritas di bawah Rencana Kerja ICT ASEAN-India 2022 akan juga sangat relevan dengan program strategis Indonesia dalam transformasi digital,” ungkapnya.

    ADGMIN-2 berlangsung kemarin secara virtual dengan Myanmar sebagai tuan rumah (host country). ADGMIN-2 mengangkat tema Digital Transformation: Engine for ASEAN Economic Recovery from Covid-19. Dalam pertemuan itu berlangsung pertemuan antara negara ASEAN dengan Tiongkok dan India.

    Dalam ADGMIN-2, delegasi Indonesia dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Mira Tayyiba yang mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika. ADGMIN-2 juga dihadiri oleh seluruh negara anggota ASEAN, Mitra Wicara, dan perwakilan International Telecommunication Union. 

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA