FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 03-2022

    1253

    Percepat Penetrasi ASO, Kominfo Bagi Bantuan STB ke Warga Muara Bangka Hulu

    Kategori Berita Kominfo | agus103
    Stafsus Philip Gobang saat menyerahkan bantuan Set Top Box (STB) dalam Pelaksanaan Uji Coba Distribusi STB dari Grup SCM Emtek di Wilayah Layanan Bengkulu 1 di Stasiun Transmisi Indosiar Bengkulu, Rabu (09/03/2022). - (AYH)

    Bengkulu, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyerahkan bantuan Set Top Box (STB) sebanyak 250 unit kepada warga di Kelurahan Bentiring Permai, Kecamatan Muara Bangka Hulu, Kota Bengkulu.

    Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang menjelaskan pendistribusian STB itu merupakan wujud komitmen Pemerintah bersama penyelenggara Multipleksing (MUX) di Bengkulu yaitu Grup SCM Emtek dalam melaksanakan amanat UU No.11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

    “Pendistribusian STB yang dilakukan hari ini merupakan wujud dari komitmen pemerintah dalam mengimplementasikan UU No.11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, sektor Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran mengadakan Analog Switch Off (ASO), perubahan dari Sistem Penyiaran Analog ke Digital,” jelas Stafsus Philip Gobang dalam Pelaksanaan Uji Coba Distribusi STB dari Grup SCM Emtek Wilayah Layanan Bengkulu 1 di Stasiun Transmisi Indosiar Bengkulu, Rabu (09/03/2022).

    Stafsus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik menyatakan pilar penting pelaksanaan ASO, salah satunya ketersediaan STB bagi seluruh masyarakat.

    “Migrasi analog ke digital adalah sebuah keniscayaan, kita ikut dalam sebuah langkah perubahan. Ini menandai komitmen yang besar dari seluruh Lembaga Penyiaran untuk menyediakan alat bantu penerima siaran digital yaitu STB,” ujarnya.

    Menurut Stafsus Philip Gobang, Pemerintah mengharapkan pelaksanaan ASO akan menjadi pendorong kemajuan ekonomi daerah. Migrasi ke siaran TV digital akan memungkinkan

    ketersediaan dan keterbukaan frekuensi untuk akses internet berkecepatan tinggi. Pada gilirannya akan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan potensi lokal dan usaha produktif.

    “Pemerintah terus membangun infrastruktur digital. Keuntungan utama beralih ke TV digital yaitu frekuensi bisa dipakai untuk internet berkecepatan tinggi yang sesuai kebutuhan masyarakat. Bisa memajukan seluruh potensi dan usaha produktif daerah setempat,” jelasnya.

    Dalam acara yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bengkulu Tengah, Rahmat Apriadi menyatakan siap mendukung program pemerintah untuk migrasi TV analog ke TV digital.

    “Selain gambarnya bagus, nanti jaringannya bisa digunakan untuk internet 5G. Dinas Kominfo Bengkulu Tengah juga berkomitmen untuk menyosialisasikan secara masif kepada masyarakat setempat,” ungkapnya.

    Kemudian Direktur Grup SCM Emtek, Imam Sudjarwo menjelaskan pembagian STB ditujukan agar masyarakat agar  untuk bisa menikmati siaran TV digital. Menurutnya, wilayah Layanan Bengkulu 1 meliputi Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah.  

    “SCM sebagai penyelenggara MUX di Bengkulu memberikan untuk warga atau keluarga yang terdaftar dalam data DTKS,” jelasnya.

    Sesuai dengan jadwal, Pemerintah melalui Kementerian Kominfo  akan menghentikan siaran televisi analog di Provinsi Bengkulu pada tanggal 30 April 2022.

    “Sebagai tahap awal akan diberlakukan di Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah. Menuju ASO tahap pertama, bagaimana teknis pemasangan STB di lapangan akan uji coba hari ini. Sehingga pada hari pelaksanaan ASO alat bisa dipasang dengan baik,” jelas Imam Sudjarwo.

    Dalam acara itu, hadir pula Ketua KPI Pusat, Agung Suprio; Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi; Ketua KPID Bengkulu, Fonika Thoyib; Kepala Balai Monitoring Bengkulu, Budiarto; Kepala Stasiun RRI, Nenny Afrantiny; dan Sekretaris Dinas Sosial Kota Bengkulu, Yunita Ria. Selain itu, hadir pula  Corporate Secretary Grup SCM, SCTV, dan Indosiar, Gilang Iskandar dan Kepala Stasiun RRI Bengkulu, Nenny Afrantiny.

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    Awas Hoaks! Banjir Bandang Bikin Pemukiman Warga Tangerang Jebol

    Faktanya dalam video tersebut narator hanya membaca ulang artikel milik antaranews.com berjudul “543 Kepala Keluarga Terdampak Banjir di T Selengkapnya

    Lantik PNS Formasi PKN STAN, Kominfo Targetkan Jadi Pelopor Birokrasi yang Sehat

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo Imam Suwandi mendorong PNS Formasi PKN STAN yang baru dilantik menggali potensi diri dan menjadi pelop Selengkapnya

    Capai 92 Persen, Kominfo Targetkan BBPPT Berkelas Dunia

    Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Ismail menegaskan pembangunan akan rampung tahun ini dan menargetkan mendapat predikat World Class Testing Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA