FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 11-2011

    6929

    Pranata Humas Memiliki Peran Strategis Dalam Satker

    Kategori Berita Kominfo | admin

    Bandung (Kominfo) - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo, Freddy H Tulung mengatakan, pranata humas memegang peran strategis dalam pengelolaan kehumasan di satuan kerja masing-masing.

    "Pranata humas memegang peranan penting bagi pencitraan organisasi, yaitu sebagai pengelola, penyedia dan pelayan informasi bagi suatu organisasi," kata Freddy Tulung dalam sambutannya pada acra Pembinaan Pranata Humas di lingkungan Ditjen IKP di Hotel KedatonBandung, Senin (7/11).

    Menurut Freddy, pada era keterbukaan, masyarakat membutuhkan informasi yang dikemas sesuai dengan kebutuhan khalayak dan disebarluaskan melalui saluran yang tepat. Diharapkan pranata humas dapat melakukan refleksi dan instropeksi, sehingga mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sesuai dengan tuntutan organisasi Kementerian Kominfo.

    Pemerintah sangat konsern terhadap keberadaan pranata humas, jelas Freddy Tulung, terbukti dengan diterbitkannya beberapa peraturan mengenai pranata humas, seperti Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.29 Tahun 2005 tentang Jabatan Fungsional Pranata Humas dan Angka Kredit, serta menetaapkan Kominfo sebagai instansi Pembina Jabatan Fungsional Pranata Humas.

    Dia juga mengatakan, Kementerian Kominfo telah menunjukkan kesungguhgannya dalam mengemban tugasnya dibuktikan melalui tiga kali Kementerian Kominfo memperoleh penghargaan Publik  terbaik untuk kategori pemerintahan.

    Guna mempertahankan prestasi tersebut, perlu upaya meningkatkan wawasan, kemampuan dan keterampilan pranata humas agar informasi yang dikelola dan disampaikan kepada masyarakata mampu mengangkat citra positif pemerintah.

    Freddy Tulung menegaskan, Ditjen IKP selaku pelaksana pembinaan pranata humas bersungguh-sungguh untuk melaksanakannya dengan memulai di lingkungan Ditjen IKP kemudian dilanjutkan pembinaannya dilingkungan Kementerian Kominfo.

    Menurut Freddy, melalui kegiatan pembinaan tersebut, diharapkan diperoleh gambaran pola pembinaan yang paling cocok untuk dilaksanakan bagi pranatra humas di wilayah Indonesia Bagian Barat, Tengah dan Timnur pada tahun 2012 nanti. (Rmg).

     

     

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Hasil Perolehan Sementara Pilpres 2024 Dapil Luar Negeri

    Hasyim Asyari menegaskan pemungutan suara di luar negeri memang dilakukan lebih awal, namun penghitungan suara di luar negeri dilakukan bers Selengkapnya

    [Berita Foto] Wakili Presiden, Menkominfo Buka Peringatan Hasiarnas ke-90

    Menkominfo Budi Arie Setiadi mengatakan pemerintah terus berupaya mencari solusi dan inovasi kebijakan untuk layanan penyiaran di daerah per Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Terima Kunjungan Direksi Telkom Group

    Menkominfo Budi Arie Setiadi menerima Direksi Telkom Group yang dipimpin Direktur Utama Ririek Adriansyah. Selengkapnya

    Humas Pemerintah Memiliki Peran Sentral dalam Diseminasi Informasi

    GPR juga memiliki peran sebagai jembatan komunikasi program kerja pemerintah kepada masyarakat. Hal itu sejalan dengan tugas GPR menampung Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA