FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 09-2013

    2519

    Menteri Kominfo: Broadband Mampu Mendorong Pengembangan Teknologi

    Kategori Berita Kominfo | admin

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan, pesatnya kehadiran mobile technology merubah cara orang untuk berkomunikasi,belajar,berbisnis, mendapatkan informasi dan berkaitan denga isu-isu keamanan individual.

    Tifatul juga mengemukakan, menghadapi tantangan global abad ke 21 terkait kesejahteraan, kesehatan, pendidikan,persamaan gender, perubahan iklim dan perubahan populasi dunia ke generasi muda semuanya itu mengedepankan ekonomi pita lebar (broadband economy).

    "Pada  laporan ITU tahun 2013, broadband dianggap sebagai kunci prioritas abad 21 yang akan menjadi kekuatan transformatif dan juga enabler yang memungkinkan adanya pertumbuhan ekonomi, perbaikan kesejahteraan dan kehidupan sosial masyarakat, menjadi alat efektif untuk memberdayakan masyarakat, membuat layanan dan contetnt berbasis teknologi," ujar Tifatul Sembiring dalam kata sambutannya pada acara Rapat Koordinasi Nasional Komunikasi dan Informatika tahun 2013 di Bidakara Jakarta, Senin (16/9).

    Tifatul menambahkan, decade mendatang broadband akan menjadi driver dari layanan maupun aplikasi yang semakin banyak tersedia, semakin beragam dan relevan serta terjangkau oleh masyarakat.

    Menurut Tifatul, pada saat ini pemakaian data pada perangkat mobile terus meningkat secara impresif. Hal ini dipicu oleh adopsi teknologi data jaringan seluler yang semakin cepat seperti 3G,4G atau LTE (long term evolution).

    "Broadband memegang peran penting dalam berkontribusi pada aktivitas masyarakat secara individual untuk memperkuat dan menjaga kelangsungan pengembangan sosial dan ekonomi termasuk transformasi politik dan institusional," jelas Tifatul.

    Broadband juga mampu mengembangkan pengetahuan masyarakat terhadap empat pilar dalam kehidupan bermasyarakat, lanjut Tifatul,  diantaranya kebebasan dalam berekspresi,pendidikan yang berkualitas,akses terhadap informasi dan pengetahuan serta penghormatan pengembangan budaya dan keberagaman linguistic.

    Hal terpenting dari Broadband adalah mampu mendorong pengembangan teknologi secara dinamis dan mengurangi hambatan serta mengembangkan peluang kepada small medium enterprises (SME's) dan kewirausahaan untuk berinovasi,berkompetisi dan bertumbuh.

    Tifatul menekankan, Broadband yang dibangun dengan teknologi menstimulasi adanya inovasi-inovasi baru dan meninspirasi generasi muda untuk menjadi pengusaha digitasl guna menciptakan apliokasi baru, layanan dan konten pada berbagai industry.

    Menurut Tifatul, Broadband bukan hanya sebuah sarana, namun Broadband adalah teknologi multi guna yang bisa merestrukturisasi sebuah ekonomi secara mendasar.

    Diharapkan peningkatan infrastruktur layanan broadband maka pemanfaaatan infrastruktur dapat meningkat. Hal ini dapat diukur dengan kenaikan jumlah pelanggan layanan broadband, kenaikan jumlah pengguna layanan tersebut juga diharapkan dapat mendorong pemanfaatan TIK  secara positif yang dapat memberikan added value bagi penggunanya.(Rmg)

     

     

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA