Siaran Pers Tentang Rapat Menteri Kominfo Tifatul Sembiring dengan Komisi I DPR RI Mengenai Perkembangan Evaluasi PLIK dan MPLIK

SIARAN PERS NO. 42/PIH/KOMINFO/6/2013


Rabu, 05 Juni 2013 10:31 pm | | Siaran Pers

Image
T T T

(Jakarta, 5 Juni 2013). Menteri Kominfo Tifatul Sembiring pada tanggal 5 Juni 2013 telah memenuhi undangan Pimpinan DPR-RI untuk mengikuti rapat kerja Komisi I DPR-RI dengan Menteri Kominfo bersama jajarannya. Rapat ini merupakan tindak lanjut RDP sebelumnya yang berlangsung pada tanggal 18 Maret 2013 dengan topik utama mengenai perkembangan evaluasi implementasi program pembangunan PLIK (Pusat Layanan Internet Kecamatan) dan MLIK (Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan).

 

Terhadap sejumlah pertanyaan sejumlah anggota DPR-RI, Menteri Kominfo menanggapinya sebijak dan sekomprehensif mungkin, karena memang hak dan kewajiban dari para anggota DPR RI untuk mengkritisi kebijakan mitra kerjanya. Bahwasanya ada berbagai permasalahan dalam implementasi PLIK dan MPLIK diakuinya secara terbuka meski tidak seluruhnya permasalahan itu benar adanya. Namun demikian, Menteri Kominfo mengatakan, bahwa tidak ada maksud dari Kementerian Kominfo untuk melakukan kebohongan publik terhadap sejumlah data yang sempat dipertanyakan karena semua yang disampaikannya sudah sesuai dengan fakta. Dalam kesempatan itu, Menteri Kominfo juga sempat membeberkan dampak langsung akibat penghentian pembayaran program PLIK dan MPLIK.

 

Rapat tersebut berlangsung sejak jam 13.30 s/d. 17.30 WIB dan dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI Ramadhan Pohan serta dalam suasana cukup kritis namun tetap konstruktif dan penuh dengan nuansa pembahasannya yang obyektif sesuai dengan sudut pandang masing-masing. Pada akhir rapat kerja telah disepakati kesimpulannya sebagai berikut:

  1. Komisi I DPR RI minta Kemenkominfo untuk menyampaikan data data lengkap dan komprehensif terkait hasil kerja seluruh Penyedia Jasa Program PLIK MPLIK.
  2. Komisi I DPR RI bersama Menkominfo sepakat untuk menjadwalkan kembali Rapat Kerka dalam rangka pembahasan evaluasi program PLIK MPLIK dalam waktu dekat.

---------------

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo (Gatot S. Dewa Broto, HP: 0811898504, Twitter: @gsdewabroto, Email: gatot_b@postel.go.id, Tel/Fax: 021.3504024)

Sumber ilustrasi: http://us.images.detik.com/content/2013/03/18/328/mplik460.jpg.

 

comments powered by Disqus