Kemkominfo Evaluasi PLIK dan MPLIK

Selasa, 31 Desember 2013 10:16 am | bint005 | Berita Kementerian

Image
T T T

Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah mengevaluasi pengelolaan PLIK dan MPLIK secara menyeluruh oleh Tim yang dibentuk Menkominfo sesuai rekomendasi Komisi 1 DPR RI.

"Model bisnis PLIK dan MPLIK adalah beli jasa, artinya para vendor baru dibayar jika sudah sesuai Service Level Agreement (SLA)."katanya Menkominfo Tifatul Sembiring, dalam laporan Akhir Tahun 2013, beberapa waktu lalu.

Menurut Tifatul, sepanjang 6 bulan terakhir ini di tahun 2013, operasional PLIK dan MPLIK menurun dan hal itu disebabkan adanya moratorium pembayaran yang telah diputuskan dan direkomendasikan oleh Komisi I DPR.

Untuk mengatasi masalah keluhan dalam deployment, dan operasional PLIK dan MPLIK, menurut Menteri Tifatul, beberapa langkah yang telah ditempuh Kemkominfo, yaitu meningkatkan peran Pemda dalam pengawasan dan pengendalian, mempercepat fungsi SIMMPLIK dalam monitoring. 

Kemudian mendorong penyedia untuk memperjelas dan mempertegas model bisnis dengan mitra lokal. Selain itu meningdaklanjuti, rekomendasi audtitor, termasuk meninjau kembali kontrak yang semula sangat ketat bahkan cenderung mempersulit semua pihak menjadi konsisi yang fleksibel sesuai ketentuan yang ada.(yura)

comments powered by Disqus