Kominfo Sediakan Media Center Mentawai Megathrust Direx 2014

Sabtu, 22 Maret 2014 2:54 pm | bint005 | Berita Kementerian

Image
T T T

Padang, Kominfo - Lesson Learned dari kejadian gempa bumi 8.5 SR pada 11 April 2014 mendatang sebagai salah satu butir penting dari rangkaian kegiatan Mentawai Megathrust Disaster Exercise (MMDirex) 2014 dengan tema "Strengthening Collaboration and Partnership in Disaster Response to Build Resilient Region".

Serangkaian kegiatan latihan, meliputi Geladi Ruang/Table Top Exercise (TTX) yang telah dilaksanakan pada bulan April 2013, dan Geladi Posko/Command Post Exercise (CPX), Geladi Lapangan/Field Training Exercise (FTX), termasuk Evakuasi Mandiri/Mass Evacuation (ME), serta Kegiatan non latihan berupa kegiatan Sosial Kemasyarakatan/Humanitarian Civic Action yang dilaksanakan pada bulan Maret 2014 di Kota Padang dan Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Barat.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyediakan Media Center Tanggap Darurat Bencana di Mentawai Megathrust Disaster Relief Exercise 2014, sebagai pusat pelayanan informasi dan komunikasi publik, secara khusus  bagi petugas tanggap darurat, wartawan media peliput dan masyarakat umum.

Media center ini didukung oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom), PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), Biro Humas Provinsi Sumatera Barat, Dishub Kominfo Kota Padang dan LPP RRI, kata Direktur Pengelolaan Media Publik (PMP) Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo Sadjan, di Padang, Jumat (21/3).

Menurut Sadjan, media center ini dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti video conference dengan BNPB Pusat Jakarta,  pantauan CCTV dan web camera dari kantor Gubernur Sumatera Barat, Pantai Purus, CSG Semen Padang dan lainnya. “Media Center juga dilengkapi dengan ruang jumpa pers, ruang kerja petugas MC, telepon dan faksimili”, ujarnya.

PT Telkom dan PT Telkomsel mendukung dalam hal penguatan kapasitas jaringan telekomunikasi di seluruh Padang dan Mentawai Provinsi Sumbar. Jaringan Radio IP (ROIP) terpanjang di Asia Tenggara, dari Bukit Tinggi ke Tuapeijat Mentawai jaraknya kurang lebih 210 kilometer (Az).

comments powered by Disqus