FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 04-2014

    2983

    Irjen Kominfo: Inti Membangun Disiplin Adalah Hati, Jiwa dan Perasaan

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Irjen Kominfo: Inti Membangun Disiplin Adalah Hati, Jiwa dan PerasaanLido, Kominfo - Inpektur Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Dra. Elly Fariani, Ak, M.Sc menyatakan, untuk membangun budaya disiplin kerja intinya dengan hati, jiwa dan perasaan.

    Sebagai ciptaan Allah tentunya manusia itu disamping memiliki intelegensi (keahlian) ataupun kemampuan teknis tertentu, tentunya juga punya hati, jiwa dan perasaan. Dengan disiplin, pastinya terbangun pasca perduli dan rasa malu karena kalau orang lain disiplin kita tidak, kata Elly saat menjadi nara sumber pada acara Pembinaan Pegawai Ditjen IKP 2014 di Lido Lakes Resort & Conference, Jl. Raya Bogor, Sukabumi Km. 21, Jumat (11/4).

    Menurut Elly dalam paparannya dengan topik utama “Disiplin Dalam Berkinerja”, untuk bisa membangun semangat yang disiplin itu tentunya berpulang kepada sumber daya manusia (SDM) atau manusianya.

    Sumber daya utama dari organisasi tentunya adalah SDM (manusia-red) yang mempunyai peranan yang sangat penting dan vital dimana sehebat apapun satu organisasi, teknologi yang dipakai juga amat canggih, tentu tidak akan mempunyai arti apabila tidak dimanfaatkan oleh SDM-SDM yang punya kemampuan untuk mengendalikannya, ujarnya.

    Dijelaskannya, disiplin itu tentunya bukan hanya mematuhi jam kerja, tetapi disiplin dalam memenuhi kualitas pelaksanaan dan persyaratan kerja. “Ini dituntut kompetentsi dan kepedulian dari kita semua, baik oleh yang tua, pegawai tua, pegawai menengah maupun pegawai yang baru”, jelasnya.

    Untuk itu, lanjutnya, pegawai perlu tahu aturan mainnya, perlu tahu apa yang harus pegawai lakukan dalam melaksanakan pekerjaan. “Dengan kualitas pelaksanaan yang kita disiplinkan, tentunya diharapkan disiplin terhadap kualitas kerja”, jelasnya.

    Dalam kesempatan tersebut, Irjen menuturkan bahwa di dalam proses rekrutmen pegawai, Kementerian Kominfo juga sudah makin bagus, lebih fair dan dirinya yakin tidak ada lagi katabelece untuk pegawai-pegawai yang baru.

    Irjen juga mengkritisi, penyematan pin “Saya Disiplin” yang disematkan kepada pegawai-pegawai yang baru saja. “Tadi saya lihat, yang disematkan pin pegawai yang muda-muda. Seharusnya juga yang tua (senior-red)”, katanya.

    Dia menambahkan, dalam pembinaan SDM diperlukan orang-orang yang punya karakter, karena hanya orang yang punya karakter yang kuat yang bisa membangun disiplin dirinya.

    Ciri khas orang yang mempunyai karakter yang kuat yaitu orang yang mandiri yaitu orang yang memiliki sikap hidup dan kepribadian yang merdeka, disiplin yang tinggi, dan hemat, imbuhnya.

    Elly menyebut, kebanyakan hal yang layak dikerjakan di dunia itu pernah dikatakan mustahil sebelum akhirnya bisa terlaksana. Dia juga menyebutkan bahwa dunia memberikan jalan kepada mereka yang mengetahui kemana mereka akan menuju.

    Ada syarat-syarat yang dibangun untuk dipenuhi dalam rangka mencapai hasil kualitas kerja. Itu semua tidak ada gunanya kalau tidak didukung pimpinan dalam aspek pekerjaan dan keuangan, ungkapnya.

    Elly juga mengibaratkan disiplin dengan isitilah, diantaranya, bahwa samudra yang luas tidak akan menjadi samudra tanpa titik-titik kecil air. Semua yang luas dan besar pasti berawal dari yang kecil. Mulai dari sekarang, walau sekecil apapun atau tidak sama sekali. “Jadi, mulai dari sekarang kita coba bangun disiplin kita bersama, dari mulai pelan-pelan akan menjadi habit keseharian kita. Selamat membangun kebersamaan dan budaya disiplin guna meraih hasil yang luar biasa”, ujarnya.

    Diakhir paparannya, Irjen memberikan motto untuk IKP yakni (I) untuk integritas, (K) untuk Kualitas yaitu, kita mengerjakan pekerjaan kita dengan integritas yang tinggi, tentunya dengan kualitas hasil yang baik dan dilaksanakan secara, dan (P) untuk Profesional. “IKP hebat”, pungkasnya (Az).

    Berita Terkait

    Apresiasi Aksi Baksos DWP, Sekjen Kominfo: Bukti Nyata Kebersamaan

    Sekjen Mira Tayyiba mengapresiasi dedikasi dan komitmen DWP Kementerian Kominfo yang telah ditunjukan dalam menggerakan kegiatan sosial dari Selengkapnya

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Kolaborasi Kominfo-DWP Tingkatkan Literasi Digital Perempuan

    Perempuan memilki kesempatan berwirausaha melalui e-commerce, hingga memberikan kesempatan bagi perempuan dan pasangannya menyeimbangkan kar Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA