FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 04-2014

    2788

    Sekjen Kominfo Nilai Kemajuan SDM Pegawai Sangat Signifikan

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Sekjen Kominfo Nilai Kemajuan SDM Pegawai Sangat SignifikanLido, Kominfo - Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Dr. Suprawoto SH, M.Si menilai kemajuan sumber daya manusia (SDM) di Kementerian Kominfo saat ini sangat luar biasa dan signifikan dibandingkan dengan tahun 2005.

    Sekarang, pegawai Kominfo diberikan kedisiplinan, disiplin pegawai, disiplin masuk kerja, disiplin mengikuti upacara, kantor semakin baik, semakin rapih, semakin bersih dan lain sebagainya, kata Suprawoto kepada kominfo.go.id usai memberikan paparannya pada acara Pembinaan Pegawai Ditjen IKP 2014 di Lido Lakes Resort & Conference, Jl. Raya Bogor, Sukabumi Km. 21, Jumat (11/4) malam.

    Menurutnya, suka tidak suka dengan didorong oleh reformasi birokrasi (RB) itu terlihat bahwa kinerja Kementerian Kominfo semakin baik dalam artian bahwa tidak hanya outcome, tapi kualitasnya juga.

    Hal ini terlihat dari berbagai aspek. Contoh saja kualitas bantuan Kementerian Kominfo, seperti Ditjen IKP ini misalkan membantu KPU didalam sosilaisasi Pemilu. “Sekarang, Alhamdulillah partisipasi naik. Dengan naiknya partisipasi itu merupakan pekerjaan semua, tetapi minimal Kominfo juga ikut menyumbang. Itu pekerjaan seluruh bangsa, tetapi kita juga ikut menyumbang”, ujarnya.

    Dia berharap kepada pegawai Ditjen IKP, agar, disiplin jangan hanya dilihat dari aspek masuk pagi sesuai jam kerja, tapi juga aktifitas yang lain. Contoh, lingkungan kita harus semakin baik, buang sampah di tempatnya. “Kita ini kerja di Kementerian Kominfo, harus menjadi contoh segalanya. Itu yang menjadi tanggung jawab berat di pundak kita semua”, tuturnya.

    Membaiknya SDM Kementerian Kominfo pun didukung dengan rekrutmen pegawai-pegawai baru yang mempunyai kualitas yang yang lebih baik, karena proses rekrutmen itu sendiri murni dengan test, tanpa adanya katabelece.

    Selain itu, lanjutnya, Kementerian Kominfo berusaha meningkatkan SDM pegawai dengan menyekolahkan. “Setiap tahun kita kirim keluar negeri dan ada juga di dalam negeri. Sekarang ini, jumlah pegawai Kominfo yang S2 sama dengan jumlah pegawai S1, karena kesadaran kita semua untuk meningkatkan kualitas SDM”, jelasnya.

    Terkait dengan belum link and match nya spesifikasi keahlian pegawai, Suprawoto mengaku saat ini proses rekrutmen pegawai yang diminta berdasarkan jabatan.

    Misalkan kita membutuhkan sarjana hukum. Kalau dulu hanya sarjana hukum dengan formasi 10 pegawai. Kalau sekarang nggak, sekarang ini analis bidang hukum, kemudian analis kepegawaian tapi di bidang hukum, ujarnya.

    Untuk itu, dikatakannya, kedepan, Kementerian Kominfo akan merekrut pegawai berdasarkan jabatannya, bukan sarjananya saja. “Nah, nanti tidak boleh lagi, misalkan yang dilamar adalah Pranata Humas, ya harus disitu. Sehingga kalau PH nya jumlahnya sudah cukup, nantinya untuk tahun depan tidak boleh lagi minta formasi”, kata Suprawoto (Az)

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Adaptasi Dinamika Teknologi, Kominfo Ubah Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Jastel

    Dalam Perdirjen yang ditandatangani pada tanggal 14 November 2023 itu terdapat pengaturan mengenai bentuk layanan, konfigurasi, perangkat da Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA