FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 06-2014

    1957

    Kemkominfo Gelar Festival TIK 2014 di Manado

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Kemkominfo Gelar Festival TIK 2014 di ManadoManado, Kominfo - Progres telematika di Indonesia hingga saat ini terus menunjukkan peningkatan luar biasa. Pasalnya, jumlah pengguna gadget semakin hari semakin banyak, begitu pula fitur-fitur untuk berinternet serta adanya beberapa lokasi yang menyediakan internet berbasis Wi-Fi (Wireless Fidelity).

    Ini adalah perkembangan yang membanggakan bagi Indonesia, kata Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Bambang Heru Tjahjono saat membuka Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 2014 di Lion Plaza Hotel Manado, Sulawesi Utara, Selasa (3/6).
    Festival TIK 2014 mengangkat tema Sitou Timou Tumou Tou Deng TIK yang berarti kita hidup untuk menghidupkan orang lain dengan TIK.

    Dalam sambutannya, Bambang berharap pada 2015 mendatang pengguna internet bisa mencapai 140 juta, atau separuh dari jumlah penduduk Indonesia.
    Hanya mungkin sekarang yang penting pemerataannya dan pemanfaatannya juga harus diperhatikan betul, harus produktif, serta penggunaannya juga harus positif, tuturnya.
    Bambang memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kpta (Pemkot) Manado yang telah mendukung Festival TIK. “Dipilihnya Manado, karena kota ini merupakan daerah yang perkembangan TIK-nya cepat”, kata Bambang.
    Ia yakin, dengan semakin banyaknya acara semacam ini di Manado, secara otomatis akan berdampak bagi percepatan pembangunan di Kota Manado.
    Pembangunan saat ini tidak bisa lepas dari peran serta TIK. Ada banyak produk TIK yang ditujukan yang dapat membantu pemerintah dan masyarakat untuk menggerakkan roda perekonomian, ujarnya.
    Festival TIK 2014 yang digelar berlangsung cukup spektakuler. Ribuan pengunjung, mulai dari pelajar hingga orang tua pun datang menghadiri kegiatan tersebut. Pengunjung di dominasi oleh siswa dari berbagai sekolah yang ada di kota Manado.
    Festival TIK 2014 ini juga dimeriahkan dengan parade rombongan relawan TIK dari 45 Kota/Kabupaten se-Indonesia dan musik kulintang yang dimainkan oleh anak-anak.
    Sementara itu, Wakil Walikota Manado Harley Mangindaan mengatakan pihaknya akan mencanangkan Manado sebagai kota cyber. “Acara penting seperti ini perlu menjadi perhatian bagi segenap masyarakat kota Manado”, katanya.
    Dengan semakin sadarnya masyarakat dalam berinternet, tentu akan berdampak pada perkembangan serta pertumbuhan kota Manado itu sendiri.
    Bahwa, salah satu tema pembangunan Kota Manado adalah pembangunan berbasis TIK. Jadi, dengan TIK diharapkan percepatan pembangunan bisa terwujud menuju Manado sebagai kota cyber, pungkasnya (Ajo).

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Kominfo Mulai Feasibility Study Open RAN di Indonesia

    Keberadaan Open RAN ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi CAPEX dan OPEX pada penggelaran jaringan serta menjadi salah satu opsi dalam Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA