FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 07-2014

    4616

    Humas Pemerintah Berperan Beri Informasi Akurat Bagi Masyarakat

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Humas Pemerintah Berperan Beri Informasi Akurat Bagi MasyarakatJakarta, Kominfo - Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Freddy H. Tulung menyatakan, humas pemerintah berperan besar dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2014.

    Salah satu peran humas pemerintah dalam pemilu presiden adalah kemampuan humas menyinergikan informasi publik melalui efektivitas diseminasi informasi dengan mengisi ruang publik terkait informasi Pilpres 2014, kata Freddy saat membuka acara Forum Tematis Kehumasan Pemerintah Kementerian Kominfo di Jakarta, Jumat (18/7).

    Menurut Freddy, yang juga Ketua Umum Bakohumas, melalui jaringan komunikasi dan informasi yang dimiliki, perlu dilakukan agenda setting terkait dengan publikasi kebijakan dan kinerja pemerintah pusat maupun daerah agar dapat diketahui dan didukung oleh publik, salah satunya pasca Pilpres 2014. “Humas pemerintah berperan sebagai komunikator, mediator, inisiator, negosiator dan fasilitator”, ujarnya.

    Dijelaskannya, peran dan fungsi humas pemerintah harus mengamankan kebijakan lembaganya, memberikan pelayanan, menyebarluaskan informasi serta mengedukasi masyarakat mengenai kebijakan publik. “Humas harus pro-aktif dalam menjembatani kepentingan pemerintah dengan aspirasi publik”, jelasnya.

    Sementara itu, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Ronny F Sompie menyatakan, situasi nasional negara Indonesia saat pasca Pilpres bisa dikatakan aman dan terkendali.

    Kami meminta insan pers dan media massa untuk menyebarkan informasi dan pemberitaan yang akurat dan konstruktif, faktual dan berimbang guna mewujudkan situasi keamanan yang kondusif, kata Ronny (Ajo).

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Pemerintah Akan Berikan Tambahan BPNT Tahap 2

    Kemensos RI memberikan klarifikasi melalui akun Instagram resmi @kemensosri, ternyata tidak pernah membuat tautan terkait pendaftaran maupun Selengkapnya

    Komputer Penyebar Konten Misinformasi Dinonaktifkan? Awas Hoaks!

    Tidak ditemukan pemberitaan dengan sumber kredibel mengenai penonaktifan komputer yang kerap menyebar konten antimainstream untuk mencegah s Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    Terima Kunjungan Pelajar SD, Kominfo Berbagi Informasi Dinamika Dunia Digital

    Lebih dari itu, juga memberikan gambaran upaya Pemerintah dalam menciptakan akses internet yang merata. Menurutnya, hal itu penting agar par Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA