FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 09-2014

    2961

    Kemkominfo Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional di Padang Panjang

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Kemkominfo Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional di Padang PanjangPadang Panjang, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melakukan Diseminasi Informasi terkait Sosialisasi dan Advokasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

    Sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada warga tentang penyelenggaraan sistem jaminan sosial nasional, kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementrian Kominfo Freddy H. Tulung di Padang Panjang, Jumat (5/9).

    Dijelaskannya, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang merupakan dimulainya reformasi terhadap program jaminan sosial, dianggap penting karena banyak peraturan yang pelaksanaannya masih tumpang tindih. “Program itu merupakan untuk memberikan kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat”, jelasnya.

    Menurutnya, dalam sosialisasi dan advokasi Jaminan JKN di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat ini, Kementerian Kominfo mengundang sejumlah narasumber dari instansi dan lembaga terkait, sehingga bisa singkron dan mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai yang diharapkan. “Kali ini kita undang nara sumber dari BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Kementrian Kesehatan, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan lainnya”, terangnya.

    Sementara itu, Wakil Wali Kota Padang Panjang Mawardi mengatakan, program jaminan kesehatan yang diberlakukan Pemkot Padang Panjang selama ini mengakomodir seluruh masyarakat dengan tidak membayar dalam berobat ke setiap pelayanan kesehatan yang ada di daerah itu.

    Namun, kondisi tersebut saat ini tidak bisa diberlakukan lagi. Pasalnya, terbentur dengan peraturan perundang-undangan, sehingga program jaminan kesehatan di Kota Padang Panjang digabungkan dengan Jaminan Kesehatan Nasional.

    Masyarakat di Kota Padang Panjang ini seluruhnya di asuransikan kesehatannya, namun karena adanya perubahan yang mana tidak seluruhnya masyarakat diakomodir, maka sosialisasi BPJS harus dilakukan, katanya seraya menambahkan ada 3.000 jiwa masyarakat miskin yang diasuransikan oleh Jamkesmas dan Jamkes Sumbar Sakato.

    Berdasarkan data, peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang sudah memiliki kartu Jamkesmas di Kota Padang Panjang sebanyak 12.558 peserta dan premi dibayarkan melalui APBN (Ajo)

    Berita Terkait

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    Kominfo Dorong Mahasiswa Manfaatkan Teknologi AI

    Pemerintah berupaya mempercepat manfaat dan meminimalisasi risiko AI di beberapa bidang prioritas, misalnya bidang kesehatan, dan reformasi Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Pantau Kualitas Jaringan dan Keamanan Informasi KTT AIS Forum 2023

    Untuk memastikan jaringan telekomunikasi lancar dan aman selama penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA