FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 11-2014

    2729

    Menkominfo : Pembangunan Pita Lebar Butuh Biaya Rp278 Triliun

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Menkominfo : Pembangunan Pita Lebar Butuh Biaya Rp278 TriliunJakarta,Kominfo - Menkominfo Rudiantara buka-bukaan soal rencananya menghadirkan akses internet cepat di Indonesia.

    Dalam lima tahun ke depan, pembangunan pita lebar nasional direncanakan dapat memberi akses tetap di wilayah perkotaan ke 70% rumah tangga (20 Mbps) dan 30% populasi, serta akses seluler ke seluruh populasi (1 Mbps).

    Sementara di pedesaan, akses broadband ini diharapkan akan menjangkau 49% rumah tangga (10 Mbps) dan 6% populasi, serta akses seluler ke 52% populasi (1 Mbps).

    "Program Broadband Plan ini membutuhkan biaya Rp 278 triliun dan mulai kita jalankan di kuartal pertama 2015," ujar Ruadiantara di Jakarta, Rabu (19/11).

    "Biaya untuk membangun akses broadband itu akan dihitung kembali, berapa dana yang dari APBN, berapa yang dari operator untuk memastikan rencana ini berjalan. Saya juga sudah bertemu dengan sejumlah operator untuk mencari tahu masalahnya dimana," katanya.

    Selain itu, rencana ini juga memprioritaskan pembangunan internet cepat untuk penyelenggaraan pemerintahan, kesehatan, pendidikan, logistik, dan pengadaan. "Pelayanan publik berbasis elektronik, e-commerce, atau aplikasi, semua itu akan jalan kalau ada infrastruktur," katanya. (Rmg).

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Kominfo Ajak Masyarakat Dukung Pertandingan Piala Dunia U-17

    Gelaran itu menjadi salah satu peluang untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam kancah global. Selengkapnya

    Menkominfo: BAKTI Kawal Transformasi Digital Nasional

    Pemerintah juga berupaya melakukan peningkatan kecakapan digital masyarakat untuk pemanfaatan ruang digital dan teknologi. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA