FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 11-2014

    2009

    Seminar Hasil Survey Rumah Tangga Indikator ICT 2014

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Seminar Hasil Survey Rumah Tangga Indikator ICT 2014 Ciputat, Kominfo - Badan Litbang dan Pengembangan SDM, Pusat Litbang PPI, Kementerian Kominfo melaksanakan Seminar Hasil Survey Rumah Tangga Indikator ICT 2014 yang dilaksanakan pada Kamis, 20 November 2014 bertempat Ruang Seminar 1 Pusat TIK Nasional, Kementerian Komifo, Ciputat.

    Hadir dalam Pembukaan Seminar Hasil Survey tersebut Kepala Badan Litbang dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo, Bapak Basuki Yusuf Iskandar. Pada pembukaan tersebut Kepala Litbang SDM mengatakan bahwa survey mengenai ICT indikator ini sangat penting karena survey terhadap isu akses rumah tangga terhadap ICT agak jarang dilakukan oleh kelompok-kelompok peneliti lain dan perolehan data survey tersebut merupakan data yang berharga karena merupakan data primer, data langsung didapatkan dari sumbernya.

    Perlu pula dikembangkan dari kekayaan data yang ada, dimana sebenarnya bisa memunculkan suatu kreatifitas untuk membuat suatu informasi menarik, misalnya penggunanan ICT oleh rumah tangga diwilyah tertentu apakah dapat memberikan dampak untuk meningkatkan pendapatan Human Developmen Index-nya, dan dengan data yang ada mengenai ICT ini selanjutnya bisa akan berkorelasi dg isu-isu lainnya menjadi terbuka untuk dilakukan analisis.

    “Dengan adanya ICT Indikator ini, saya mendorong para peniliti untuk melakukan   pengkayaan data dengan studi yang bersifat informatif dan mensosialisakan data-data yang ada menjadi manarik pada forum internasional agar data-data yang dibuat ini bisa  nampak layak seperti data-data dari kelompok internasional,” kata Bapak Basuki Yusuf Iskandar.

    Selanjutnya dikatakan bahwa, dua hal impact dari ICT Indikator, bahwa peneliti semakin kaya dengan inisiasi riset dan semakin baik; kedua kesempatan kita untuk menyampaikan informasi yang benar pada forum internasional.

    Pada kesempatan pembukaan itu pula diawali sepatah kata dari Ketua Pantia penyelenggara, Bpk. Hedi M. Idris (Kapus Litbang PPI) yang menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada UPT untuk bantuannya atas berhasilnya dilakukan Survey Indikator ini pada pada 25 provinsi 140 kabupaten/kota pada sekitar 9000 rumah tangga dengan Metode Random Sampling dan ada hal yang mulai dirancang yaitu Sistem On Line di kominfo.go.id dimana surveyer bisa langsung menginput data walaupun masih terdapat kekurangan namun akan terus diperbaki, sehingga tidak perlu mengirimkan kuotioner yg sangat banyak.

    Seminar Hasil Servey ini dihadiri olehpa Kepala Puslitbang (SDPPI, Literasi & Potensi, Aaptika & IKP), Para Kepala BBPPKI (Makassar, Medan, Jakarta,Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Manado, Kepala BPPTIK Cikarang, PPK BPRTIK Ciputat, Pejabat Eselon III & IV di lingkungan Puslitbang PPI dan staf.

    Pada hari pertama pembahasan menghadirkan narasumber Bpk La Ode Rahman (Akdemisi IPB, Bogor); dan hari kedua menghadirkan narasumber : Bpk. Yan Riyanto (Direktur Pengedalian Pos dan Informatika) dan Bpk LaOde Rahman.

    Berita Terkait

    Temuan Gudang Kotak Suara Ganda Makassar? Itu Hoaks!

    Klaim narasi yang menyatakan bahwa ditemukannya gudang kotak suara ganda di Kota Makassar untuk kecurangan Pemilu 2024 adalah keliru dan tid Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Kominfo Mulai Feasibility Study Open RAN di Indonesia

    Keberadaan Open RAN ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi CAPEX dan OPEX pada penggelaran jaringan serta menjadi salah satu opsi dalam Selengkapnya

    Menanti Hasil Sidang Kedua DEWG G20

    Kesepakatan bersama yang dicapai dapat membuat implementasi ekonomi digital di seluruh negara menjadi lebih adil. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA