FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 11-2014

    3472

    Menkominfo Rudiantara: Humas Pemerintah Punya Peran Strategis

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Dirjen IKP: Jumlah Pranata Humas Turun Setiap TahunBandung, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan Humas pemerintah di semua instansi saat ini punya peran strategis.

    Peran tersebut tidak saja hanya sebatas memoles citra, melainkan meningkatkan kinerja lembaga dan tugas-tugas kehumasannya, kata Rudiantara di Convention Hall Hotel Haris, Festival City Lik, Jalan Peta, Bandung, Jawa Barat pada Rabu (26/11) malam.

    Menurutnya, peran Humas kedepannya tidaklah mudah. Ada banyak masalah yang harus ikut diselesaikan oleh praktisi Humas. Itu sebabnya, ke depan profesi Humas sangat dibutuhkan. “Maka tidak heran, profesi Humas harus memiliki kualifikasi tertentu”, ujarnya.

    Sementara itu, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo Freddy H Tulung mengatakan, Humas pemerintah harus menjadi corong penyampai informasi kepada masyarakat. “Dengan informasi yang disampaikan itu akan membuat masyarakat lebih pintar”, kata Freddy.

    Terkait dengan kemenangan Pemprov Jabar yang meraih juara umum keempat kalinya dalam AMH secara berturut-turut sejak 2011, menurut Freddy Humas Pemprov Jabar sangat kreatif. “Mereka sangat kreatif karenanya layak menjadi juara”, ujarnya.

    Untuk tahun ini, lanjutnya, terjadi kenaikan 40 persen animo dari peserta yang mengirimkan karya kehumasannya kepada panitia bahkan beberapa nama kabupaten/kota mampu menyejajarkan diri dengan pemerintah yang sudah memiliki nama seperti Jawa Barat.

    Secara kualitas dan kuantitas terjadi peningkatan yang luar biasa dan kami sangat mengharapkan dapat semakin meningkat di tahun depan, pungkasnya 

    Dirjen IKP: Jumlah Pranata Humas Turun Setiap Tahun Dirjen IKP: Jumlah Pranata Humas Turun Setiap Tahun

    Jabatan fungsional pranata humas (JFPH) yang profesional dan kompeten, berkontribusi terhadap perencanaan dan pelayanan informasi, pencitraan Negara dan bangsa, dan penyerapan aspirasi masyarakat.

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Freddy H. Tulung dengan materinya yang berjudul Pembinaan Jabatan Fungsional Pranata Humas di Lingkungan Kementerian Kominfo pada kegiatan Workshop Peningkatan Kinerja Jabatan Fungsional Pranata Humas dan Penerjemah dengan tema “Peningkatan Kalitas dan Profesionalisme sebagai Wujud Pengembangan Kompetensi Pejabat Fungsional” di Hotel Horison, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (27/11) mengatakan jumlah pranata humas cenderung turun dari tahun ke tahun. Dari 8.000 orang pada tahun 2009 turun menjadi 800 orang pada tahun 2014.

    Menurunnya disebabkan kompetensi setiap individu belum standar, minimnya pengembangan kapasitas, dan evaluasi kinerja yang belum optimal, kata Freddy (Az).

    Berita Terkait

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Pengungsi di Pekanbaru Pindah ke Pulau Galang? Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim narasi dalam video tersebut salah. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA