FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 12-2014

    2277

    Menkominfo : Pelosok Kaltim Kini Tidak Lagi Terisolir Dari Dunia Luar

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Menkominfo : Pelosok Kaltim Kini Tidak Lagi Terisolir Dari Dunia LuarKalimantan Timur, Kominfo - Masyarakat perkotaan mungkin telah sejak lama dimanjakan dengan koneksi internet cepat, namun tak demikian dengan yang tinggal di perbatasan seperti di daerah Tiong Ohang, Kalimantan Timur. Menkominfo Rudiantara pun sampai blusukan ke daerah terpencil ini untuk meresmikan BTS.

    Padahal letak daerah yang hanya dihuni oleh 4.000 jiwa tersebut harus dicapai dengan perjalanan yang cukup menyita waktu. Yakni sekitar 2 jam dari Balikpapan lewat jalur udara alias menggunakan helikopter. Sedangkan bila lewat jalur darat waktu yang dibutuhkan bisa mencapai 21 jam.

    Namun nyatanya itu tak menyurutkan Menkominfo Rudiantara bersama rombongan termasuk di antaranya adalah Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga untuk menyambangi lokasi tersebut guna meresmikan BTS Telkomsel di perbatasan.

    “Dengan adanya BTS Telkomsel, penduduk perbatasan Tiong Ohang, Kaltim tak lagi terisolir dari dunia luar. Kini mereka bisa saling menghubungi keluarganya yang berada di daerah lain atau bahkan melakukan sambungan internasional,” tutur Menkominfo, Rudiantara di Tiong Ohang, Kaltim, Selasa, (16/12).

    Menkominfo mengatakan dengan hadirnya BTS di wilayah yang berbatasan dengan Malaysia itu, penduduk yang rata-rata punya penghasilan dari budidaya sarang burung walet juga bisa memanfaatkannya untuk kepentingan bisnis.

    Selama ini penduduk Tiong Ohang yang ingin memasarkan hasil budidayanya terpaksa harus menempuh perjalanan barat selama sekitar 21 jam. Padahal setelah sampai ke kota besar seperti Balikpapan atau Samarinda, harga pasarnya belum tentu seperti yang diharapkan.

    “Oleh karena itu dengan BTS ini, penduduk yang budidaya sarang burung walet bisa melakukan komunikasi dulu dengan pembelinya di kota, sehingga perjalanannya yang sangat panjang tidak sia-sia,” pungkasnya.(Ajo)

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    Menkominfo: BAKTI Kawal Transformasi Digital Nasional

    Pemerintah juga berupaya melakukan peningkatan kecakapan digital masyarakat untuk pemanfaatan ruang digital dan teknologi. Selengkapnya

    Awas Disinformasi! Bawaslu Diskualifikasi Ganjar dari Bursa Capres

    Konon, isi video merupakan potongan rekaman video dari peristiwa yang tidak berkaitan. Selengkapnya

    Plt Menkominfo: Bangun Semangat Kebangsaan, Terapkan Nilai Persatuan

    Plt Menkominfo Mahfud MD mengajak seluruh elemen bangsa untuk memaknai kebangkitan nasional dengan berjuang bersama menerapkan nilai persatu Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA