FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 12-2014

    2041

    Menkominfo : Operator Jangan Selalu Bicara Bisnis

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Menkominfo : Operator Jangan Selalu Bicara BisnisJakarta, Kominfo  - Diawali oleh Telkomsel yang kemudian disusul XL Axiata, teknologi 4G LTE akhirnya resmi melenggang di Indonesia. Satu pesan Menkominfo Rudiantara adalah, operator jangan melulu bicara bisnis.

    Menkominfo juga berharap operator seluler di Indonesia juga bisa mengedukasi pelanggan soal teknologi 4G, manfaat dan implikasinya. Termasuk soal paradigma masyarakat yang selama ini mengganggap penggunaan paket internet biasanya bisa bertahan selama satu bulan.

    “Lakukan edukasi, mindset pelanggan data seluler di Indonesia kan masih dalam hitungan waktu. Kok waktunya sama (misalnya 1 bulan) tapi jadi lebih mahal. Tentu karena (jaringan 4G) transfer datanya lebih cepat, volume (pengunaan datanya) juga jadi lebih besar,” ujar Menkominfo, Rudiantara di sela-sela peresmian jaringan 4G XL di La Piazza, Jakarta, Sabtu, (20/12).

    Menkominfo juga bicara soal ekosistem 4G. Menurutnya ponsel 4G di Indonesia saat ini masih terbatas, sehingga diharapkan operator bisa bekerjasama dengan vendor ponsel untuk menghadirkan lebih banyak perangkat 4G, terutama dengan harga yang terjangkau.

    “Ini juga menjadi concern buat pemerintah, bagaimana caranya menyediakan banyak handset (4G) dengan harga lebih murah,” tegasnya.

    Menkominfo sendiri mengaku telah mendapat komitmen dari vendor ponsel lokal soal hal tersebut, salah satunya adalah Polytron.

    Pelayanan pelanggan oleh operator seluler juga jadi fokus Menkominfo. Dengan hadirnya 4G, artinya pelanggan yang telah ada diharuskan menggunakan kartu SIM baru. Menkominfo meminta agar operator semakin membenahi jaringan customer service mereka.

    Menkominfo tak ingin operator mengulangi kesalahan saat jaringan 3G pertama kali digelar pada tahun 2006 lalu. "Saat itu layanan 3G terkendala karena penyebaran kartu SIM yang dianggap kurang optimal.Indonesia Menyambut Penerima Beasiswa New Colombo Plan pada 2015," pungkasnya.(Ajo)

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA