FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 01-2015

    2961

    Jumlah M-Pustika Belum Mencukupi Dibanding Jumlah Provinsi dan Kabupaten/Kota

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Menkominfo : Khusus Layanan Telekomunikasi di Perbatasan Saya Lobi GubernurJakarta, Kominfo - Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah menginisiasi pengadaan Mobile Pusat Teknologi Informasi Komunitas (M-PUSTIKA) sejak tahun 2005.

    Meski demikian, jumlah M-PUSTIKA yang telah didistribusikan masih jauh dari kebutuhan yang ada di lapangan, apalagi masih banyak daerah-daerah di perbatasan atau terpencil yang belum mendapatkan M-Pustika.

    Tahun Anggaran (TA) 2014 ini, Kementerian Kominfo kembali mendistribusikan kendaraan M-PUSTIKA sebanyak 10 mobil dan diserahkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di Kantor Kementerian Kominfo pada Senin (19/1).

    Menurut data Kementerian Kominfo, 88 kendaraan yang terdiri dari 73 Mobil dan 15 motor telah didistribusikan kepada daerah tingkat I maupun tingkat II. Namun masih belum mencukupi karena perbandingan yang tidak seimbang, dengan jumlah provinsi dan Kabupaten/kota di Indonesia yakni 34 Provinsi dan 508 Kabupaten/kota.

    Untuk itu, Kementerian Kominfo membutuhkan dukungan dan sinergi oleh Pemerintah Daerah atau lembaga terkait menjadi "jembatan" atau mitra kerja dalam membangun komunikasi dengan daerah, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat secara lebih luas kelembagaannya dalam meningkatkan akses informasi untuk kepentingan ekonominya.

    Kendaraan M-Pustika ini didesain cukup canggih bertipe Isuzu Pick Up Bison dengan spesifikasi karoseri Blind Van PT Central Auto Comperindo, LCD Proyektor Merk Infocus type 124 STA, PC Acer Aspire ATC 605 Core 13 + Windows 7 Home Basic 32 Bit + Kabel VGA dan Kabel Power CPU 5 Meter + Hub VGA, Modem Merk Huawei E173 + Kartu Perdana +Paket Internet Quota Minimal 4 GB/1 Bulan, Printer Merk Canon Pixma IP2770, Genset Merk Hatsudenki EC 3000 AVR, Handy Talky Merk MOTORROLA GP3188, DVD Player Merk LG DP 540, Sound System Merk Mixer DA1600SE-BMB, Camera Digital Merk Nikon CoolPix S5200-Black.

    Kemudian, Emergancy Lamp CMOS HK-86, Pemadam api Merk Yamato 1,2 Kg, Horn Speaker + Car Amplifier (TOA ZH 615 S), Screen LCD Merk Bright 70”, Stabilizer Merk Samato SVC 3000N Digital, Cable Extention Merk KRISBOW 30 M, Inventer Merk SOUER 1000 Watt, Plasma TV 50” LG 50PB, AC Single Blower Merk Sanden, dan Kursi Putas Merk Chairman SC309.

    Adapun daerah-daerah penerima kendaraan penyuluhan informasi publik atau M-Pustika (Mobil Pusat Teknologi Informasi Komunitas) yakni Dinas Kominfo Provinsi Papua, Dinas Kominfo Kabupaten Merauke-Papua, Dishub Kabupaten Mandailing Natal-Sumut, Dishub Kabupaten Seram Bagian Barat-Maluku, Dishub Kominfo Kabupaten Kapuas-Kalteng, Badan Komunikasi Informasi Arsip dan Sandi Daerah Kabupaten Kotabaru-Kalsel, Dinas Pariwisata Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, Dinas Kominfo Kabupaten Kutai Kartanegara-Kaltim, Dishub Kominfo Kabupaten Mesuji-Lampung, dan Dishub Kominfo Kabupaten Belu-NTT (Az)

    Berita Terkait

    BPSDM Banjarmasin Dukung Smart City Kabupaten Paser

    Guna mendukung program smart city atau kota pintar, Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Info Selengkapnya

    KI Pusat Gelar Diskusi Daring Peringati HKIN 2020

    Komisi Informasi Pusat menggelar acara peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN). Peringatan itu diisi dengan diskusi daring yan Selengkapnya

    Hoaks Peta Sebaran Covid-19 di Kabupaten Situbondo!

    Hoaks mengenai virus Corona atau Covid-19 di berbagai daerah masih terus tersebar. Seperti selebaran digital di media sosial yang berisi inf Selengkapnya

    Optimistisme Menkominfo Soal RUU PDP dan Kedaulatan Data

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate optimistis, Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi (PDP) segera rampung Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA