FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 01-2015

    6213

    Menkominfo: Pemerintah Fokus Bangun BTS di Kalimantan, Papua dan NTT

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Menkominfo: Pemerintah Fokus Bangun BTS di Kalimantan, Papua dan NTTJakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara akan mempercepat pembangunan menara Base Transceiver Station (BTS) di daerah perbatasan.

    Rudiantara mengatakan, pembangunan menara BTS di seluruh daerah perbatasan guna memudahkan akses komunikasi selular. “Kita fokus, ada tiga daerah yang berbatasan langsung, seperti di Kalimantan dengan Malaysia, Papua dengan Papua Nugini, Nusa Tenggara Timur dengan Timor Leste, Saat ini Kalimantan kita prioritaskan,” kata Rudiantara di Jakarta, Senin (19/1).

    Menurut Rudiantara, khusus untuk Wilayah Kalimantan, target pembangunan BTS akan selesai pada Januari 2016. “Di wilayah Kalimantan itu, ada 140 desa lebih yang berbatasan langsung dengan Malaysia,” ujarnya.

    Rudiantara menjelaskan, skema pembangunan BTS nantinya akan mengacu pada kerja sama antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota maupun operator.

    Provinsi menyediakan lahan, kabupaten/kota memenuhi sumber energi listrik melalui genset dan bahan bakar serta operator yang akan membangun BTS dan mengoperasikannya. Sedangkan pemerintah pusat, akan menyediakan subsidi bagi operator yang membangun BTS, jelasnya seraya menambahkan bahwa saat ini baru ada lima BTS di desa perbatasan.

    Rudi menambahkan, pembangunan di daerah-daerah perbatasan, terluar dan terpencil merupakan salah satu sasaran pembangunan pemerintah.

    Pasalnya, selain memacu teknologi selular, pemerintah juga akan memacu penyebaran informasi di daerah perbatasan, termasuk dengan penyiaran radio yang menggunakan bahasa-bahasa yang dipahami masyarakat di perbatasan.

    Bayangkan, Malaysia memiliki radio yang ditangkap oleh masyarakat kita diperbatasan dengan bahasa yang mereka pahami. Kita juga harus, karena ini masalah kedaulatan, tukasnya (Az).

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Pemerintah Akan Berikan Tambahan BPNT Tahap 2

    Kemensos RI memberikan klarifikasi melalui akun Instagram resmi @kemensosri, ternyata tidak pernah membuat tautan terkait pendaftaran maupun Selengkapnya

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Kominfo Ingatkan Anak Muda Datang ke TPS di Hari Kasih Suara 14 Februari 2024

    Pemilih pada Pemilu 2024 itu didominasi oleh generasi Z, generasi muda yang pada 10-15 tahun kedepan akan memimpin bangsa ini. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Budi Arie Tiba di Kepulauan Riau

    Kunjungan Menkominfo Budi Arie untuk menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Penyiaran Nasional ke-90 di Kabupaten Bintan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA