FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 02-2015

    2550

    Menkominfo: Masyarakat Bisa Nikmati 4G 1.800 pada Pertengahan 2015

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Menkominfo: Masyarakat Bisa Nikmati 4G 1.800 pada Pertengahan 2015Jakarta, InfoPublik - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan, masyarakat di sejumlah wilayah Indonesia pada pertengahan 2015 ini sudah bisa menikmati jaringan nirkabel 4G Long Term Evolution (LTE) dengan frekuensi 1.800 MHz.

    Pertengahan tahun ini 4G LTE dengan 1.800MHz sudah bisa dinikmati oleh masyarakat di kluster (kelompok) tertentu, bukan di seluruh Indonesia tapi minimal di kota tertentu, kata Rudiantara disela-sela acara launching Rapotivi di Jakarta, Sabtu (21/2).

    Menurutnya, penataan 4G LTE dengan frekuensi 1.800 MHz merupakan lanjutan dari 4G berfrekuensi 900MHz yang sudah diluncurkan pada Desember 2014. “Perlu penataan ke 1.800 MHz karena 4G membutuhkan frekuensi yang berkesinambungan. Setelah itu kita akan tata ke 2.100 MHz,” ujarnya.

    Dijelaskannya, migrasi konsumen dari jaringan 2G ke 4G memerlukan waktu dan adaptasi. Saat ini, lanjutnya, masih ada puluhan juta pelanggan jaringan 2G di Indonesia. “Kita ini mau 2G terus apa mau Broadband? Mau SMS-an doang apa butuh internetan cepat?,” jelasnya.

    Rudiantara mengatakan, program internet cepat 4G merupakan salah satu fokus Kemkominfo sampai 2019. “Targetnya menjadi negara kedua internet tercepat di ASEAN setelah Singapura,” kata Rudiantara seraya menambahkan bahwa saat ini Indonesia menempati peringkat 4 (empat ASEAN internet lelet.

    Jika ingin internet cepat, harus migrasi ke 4G. Namun, bagi pelanggan 2G yang juga punya hak sebagai konsumen tetap tidak terganggu, pungkas Rudiantara (Az).

    Berita Terkait

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Acara Puncak Peringatan Hakordia 2023

    Presiden mengungkapkan, sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi pemerintah telah melakukan digitalisasi di berbagai pelayanan, seperti Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Kominfo Ajak Masyarakat Dukung Pertandingan Piala Dunia U-17

    Gelaran itu menjadi salah satu peluang untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam kancah global. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA