FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 02-2015

    2901

    Menkominfo: Produsen Perlu Kepastian Kebijakan Televisi Digital

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Menkominfo: Produsen Perlu Kepastian Kebijakan Televisi DigitalKudus, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengungkapkan, produsen televisi di Tanah Air membutuhkan kepastian soal kebijakan penerapan televisi digital. Selain itu, televisi yang diproduksi juga dilengkapi dengan peralatan yang bisa menangkap siaran televisi digital.

    Untuk itu, perlu ada kepastian soal kebijakan televisi digital tersebut karena sebelumnya produsen TV juga sudah memproduksi TV yang bisa menangkap sinyal televisi digital, namun karena belum ada kejelasan soal itu akhirnya dihentikan, kata Rudiantara di sela-sela kunjungan kerjanya ke salah satu perusahaan produk televisi di Kudus, Jawa Tengah, Senin (23/2).

    Dijelaskannya, sebagai salah satu produsen televisi yang sudah pernah memproduksi televisi yang dilengkapi digital tunner, namun perusahaan tersebut untuk sementara dihentikan sambil menunggu kepastian kebijakan soal televisi digital.

    Dalam waktu dekat pemerintah akan mengeluarkan kepastian kebijakan soal TV digital. Pemerintah sendiri memang memiliki kebijakan soal televisi digital pada tahun 2018, jelasnya.

    Menurut Rudiantara, saat munculnya kebijakan produksi TV analog harus dihentikan, televisi analog yang dimiliki masyarakat tetap harus bisa menikmati siaran televisi digital tersebut.

    Salah satunya, peralatan set top box TV digital yang jumlahnya bisa mencapai 8.000 unit perlu disubsidi. Hanya saja, dalam pendistribusiannya masih menghadapi kendala, ujarnya.

    Televisi digital merupakan jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi. Kelebihan televisi digital memiliki kualitas visual dan audio yang lebih bagus dari pada televisi analog (Az).

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA