FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 02-2015

    3296

    Menkominfo: Electronic Commerce Perlu Didukung Payment Gateway Online

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Menkominfo: Electronic Commerce Perlu Didukung Payment Gateway OnlineKudus, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, perdagangan elektronik (electronic commerce) di Indonesia perlu didukung payment gateway, sebuah sistem pembayaran dalam bertransaksi secara online.

    Terkait payment gateway tersebut, memang perlu melibatkan Bank Indonesia. Saat ini sedang masih dalam pembicaraan dengan Bank Indonesia guna mendukung perkembangan “e-commerce”, kata Rudiantara di sela-sela kunjungan kerjanya ke salah satu perusahaan produk televisi di Kudus, Jawa Tengah, Senin (23/2).

    Dengan adanya payment gateway, Rudiantara berharap transaksi secara online jauh lebih efisien dan mudah. “Tidak perlu lagi harus transfer via ATM kemudian diverifikasi terlebih dahulu,” tuturnya.

    Perhatian lainnya dalam mengembangkan “e-commerce” di Indonesia, menurutnya, terkait dengan masalah logistik atau pengiriman barang. “Di Tanah Air banyak penyedia jasa paket pengiriman barang sehingga harus ada jaminan soal itu. Industri logistik akan sangat efisien dalam mendukung “e-commerce” ke depan,” ujarnya.

    Ketika ditanyakan terkait dengan pelaku usaha secara online apakah harus memiliki izin usaha, diungkapkannya akan dibicarakan dengan kementerian terkait. “Kita berharap persoalan izin jangan sampai menjadi biaya tinggi. Jika memang bisa dipermudah, kenapa dipersulit?,” kilahnya.

    Pemerintah, kata dia, juga perlu memberikan perlindungan kepastian dari sisi pelanggan guna meminimalkan kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dialami pelanggan. “Di antaranya terkait dengan kualitas produk yang ditawarkan apakah sesuai dengan yang ditayangkan via online atau tidak,” kata Rudiantara.

    Sementara itu, infratruktur untuk mendukung e-commerce, pemerintah akan mendorong layananan seluler generasi keempat (4G) sebagai akses internet berkecepatan tinggi, pungkasnya (Az)

    Berita Terkait

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Menteri Budi Arie Setiadi Serukan Perang Semesta terhadap Judi Online

    Kominfo telah memutus akses dan/atau menghapus (takedown) sebanyak 60.582 konten perjudian online sepanjang periode 1 hingga 21 September 20 Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Dorong CPNS Perkuat Kompetensi

    Sekjen Kementerian Kominfo menekankan dua aspek penting yang perlu dipelajari dan adopsi oleh peserta CPNS, yaitu pemahaman tentang transfor Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA