FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 02-2015

    1452

    Menkominfo: Momentum Teknologi 4G Dorong Peran Industri Komponen Dalam Negeri

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Menkominfo: Momentum Teknologi 4G Dorong Peran Industri Komponen Dalam Negeri

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengungkapkan bahwa saat ini impor telepon selular (Ponsel) ke Indonesia sudah sangat besar dan terus mendorong defisit perdagangan. Karena itu, pemerintah menerapkan aturan yang mewajibkan ponsel pintar berteknologi 4G di Indonesia harus memenuhi syarat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40 persen dari seluruh komponen yang ada di produk ponsel, guna melindungi industri dalam negeri, kata Rudiantara di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (27/2).

    Menurut Rudiantara, momentum teknologi 4G yang sedang berkembang di Indonesia saat ini, akan digunakan pemerintah untuk untuk mendorong industri komponen dalam negeri agar lebih berperan di masa depan.

    “Kami melakukan pembiaran defisit perdagangan US$3 miliar,” ujarnya. Dikatakannya, bahwa, produsen-produsen besar dunia tidak keberatan dengan rencana pemerintah mematok 40 persen TKDN untuk ponsel pintar yang diimpor ke Indonesia.

    “Kalau produsen global, mereka paling minta mundur. Saya tahu lah dari yang US$3 miliar itu. Mana, yang besar-besar gak protes,” kata Rudiantara.

    Menurut Rudiantara, saat ini, aturan tersebut masih dalam tahap finalisasi. “Rencananya, akan selesai dan dikeluarkan pada pertengahan tahun ini. Nanti, kita akan konsultasi dengan para guna mengakomodir kepentingan semua pihak,” kata Rudiantara (Az).

    Berita Terkait

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Pantau Kualitas Jaringan dan Keamanan Informasi KTT AIS Forum 2023

    Untuk memastikan jaringan telekomunikasi lancar dan aman selama penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023. Selengkapnya

    Kominfo Ajak Kolaborasi Ciptakan Inovasi Kota Cerdas

    Kementerian Kominfo membangun sebuah sebuah starting point atau titik pijak agar pemerintah daerah bisa mewujudukan Kota Cerdas lebih cepat. Selengkapnya

    Sekjen: Manfaatkan Teknologi untuk Berikan Pelayanan Publik Prima

    Sivitas Kementerian Kominfo harus memanfaatkan teknologi digital dengan optimal agar dapat membantu meningkatkan efisiensi, produktivitas, d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA