FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 03-2015

    3131

    Kemkominfo Siapkan Permen Larangan Penjualan Ponsel 2G Only

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Kemkominfo Siapkan Permen Larangan Penjualan Ponsel 2G OnlyJakarta, Kominfo - Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Muhammad Budi Setiawan menyatakan, pemerintah akan mengeluarkan peraturan menteri (Permen) terkait izin penjualan telepon seluler (Ponsel) 2G.

    Menurut Budi, penetrasi smartphone di Indonesia saat ini masih minim. “Untuk mendorong penggunaan smartphone, kita sedang siapkan Peraturan Menteri (Permen). Kita tak akan izinkan lagi ponsel dijual 2G Only, harus bisa juga mendukung 3G dan 4G, ujar Budi, Selasa (24/3).

    Ia menjelaskan, aturan yang dimaksud adalah mendorong vendor ponsel untuk mengeluarkan ponsel multi teknologi, tidak hanya berbasis 2G tapi juga 3G dan bahkan 4G. “Hal ini sekaligus untuk mempersiapkan Indonesia ke arah ekonomi digital,” jelasnya.

    Saat ini, dikatakannya, ada 70 persen pengguna seluler masih 2G, sedangkan 3G hanya 25 persen dan sisanya sebanyak 5 persen bermigrasi ke 4G. “Itu persentase dari total pelanggan operator,” kata Budi.

    Budi menambahkan, aturan yang akan dikeluarkan tersebut sudah disepakati oleh para operator. Pasalnya, jika smartphone yang terjangkau akan mampu mempercepat ekosistem digital.

    Tingkat mature pasar 4G belum akan terjadi dalam waktu dekat, kemungkinan akan berlangsung dua sampai tiga tahun ke depan.

    Bisa lebih cepat dari 3G. Ketika 1800 sudah ditempati, smartphone juga terjangkau di pasaran, maka belanja masyarakat untuk penggunaan 4G akan sangat massif, pungkas Budi. (Az).

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA