FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 04-2015

    6482

    Menkominfo Lepas Keberangkatan Tenaga Pendamping TI SIDeka

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Menkominfo Lepas Keberangkatan Tenaga Pendamping TI SIDekaJakarta, Kominfo -  Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara bersama Anggota Komisi II DPR-RI, Budiman Sudjatmiko, melepas keberangkatan Tenaga Pendamping Teknologi Informasi Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDeKa) di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (13/4).

     

    Menurut Rudi, Sideka akan menjadi bagian dari program Kementerian Kominfo untuk melaksanakan Nawacita, yaitu membangun Indonesia dari Pedesaan, khususnya dalam memastikan keterhubungan antar desa dan kawasan hingga tingkat nasional, melalui sistem informasi desa dan kawasan.

     

    Tenaga pendamping teknologi informasi SIDeKa terdiri para mahasiswa-mahasiswi dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Janabadra Yogyakarta, Universitas Teknologi Yogyakarta, dan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

     

    Ke-40 mahasiswa-mahasiswa ini merupakan angkatan pertama yang dikirim oleh Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) sebagai tenaga IT yang bertugas selama sebulan di desa-desa di delapan kabupaten, Belitung Timur Babel, Tasikmalaya Jabar, Pemalang Jateng, Kulon Progo DIY, Gianyar Bali, Pangkajene dan Kepulauan Sulsel, Boalemo Gorontalo, dan Raja Ampat Papua Barat.

     

    Sistem Informasi Desa dan Kawasan merupakan upaya bersama BP2DK dengan Universitas Atmajaya Yogyakarta, Universitas Janabadra Yogyakarta, dan Institut Teknologi Bandung, untuk mendukung desa agar bisa melaksanakan amanat UU No. 6/2014 tentang Desa. Selain aplikasi, SIDeKa juga dilengkapi dengan Panduan Pelaksanaan SIDeKa di desa-desa di seluruh Indonesia.

     

    Selain itu, Rudiantara juga memberi jaminan kepada mahasiswa-mahasiswi, yang menjadi pendamping IT angkatan pertama SIDeKa ini. Keberadaan mereka di desa-desa dalam rangka membantu desa membangun sistem informasi desa dan kawasan mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

     

    Disamping itu, Kominfo juga akan membantu menyediakan infrastruktur teknologi informasi hingga di tingkat pedesaan untuk pembangunan sistem informasi desa dan kawasan.

     

    Acara tersebut selain dihadiri Anggota DPR Budiman Sudjatmiko dan Ketua Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK), Semuel A. Pangerapan juga dihadiri Wakil Rektor I Univ. Atmajaya Yogyakarta, Pramana Yuda, Ph.D, Wakil Rektor IV Universitas Janabadra Yogyakarta, Dr. Cungki Kusharjito, dan Kepala Unit Sumberdaya Informasi ITB, Basuki Suhardiman.(Yura)

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA