FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 04-2015

    2331

    Menkominfo : Kartini Masa Depan Harus Mampu Jawab Tantangan TIK

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Menkominfo : Kartini Masa Depan Harus Mampu Jawab Tantangan TIKJakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan para Kartini di masa depan harus mampu menjawab tantangan zaman yang sangat dipengaruhi oleh teknologi, terutama teknologi informasi dan komunikasi.

    "Daya juang, yang diperjuangkan berbeda. Jaman dulu, yang diperjuangkan persamaan hak, akses kepada dunia pendidikan, kalau sekarang konteknsya berbeda. Wanita harus menyiapkan diri ke depan, di mana situasi mendatang yang akan dipengaruhi teknologi informatika dan komunikasi," tutur Rudiantara dalam konferensi pers penganugerahan Kartini Next Generation 2015 di Jakarta, Rabu, (22/4).

    Menurut Rudiantara, perkembangan teknologi informatika dan komunikasi selain menjadi tantangan juga menjadi kesempatan untuk dimanfaatkan guna memperbaiki kondisi bangsa.

    Rudiantara mengatakan, kini instrumen teknologi informatika dan komunikasi seperti telepon genggam telah menjadi alat yang dapat dimiliki masyarakat dengan mudah. Diharapkan dengan mudahnya teknologi diakses oleh masyarakat, akan memudahkan eksplorasi teknologi yang dapat memberikan nilai tambah dalam perjuangan membangun negara.

    Berdasarkan data yang dimiliki Kementerian Kominfo, pelanggan seluler (telepon genggam) kini telah mencapai 330 juta melebihi jumlah penduduk Indonesia sekitar 240 juta jiwa. Sementara 82,3 persen Rumah Tangga di Indonesia memiliki telepon genggam.

    Rudiantara menilai, dengan semangat Kartini, kaum perempuan dapat mempergunakan waktu dalam melaksanakan eksplorasi teknologi informatika dan komunikasi.

    "Para perempuan dapat mengutak-atik di rumah sambil mengasuh anak, atau di kantor," pungkasnya.

    Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar penganugerahan Kartini Next Generation Awards 2015. Ini merupakan penganugerahan yang keempat kalinya dengan tema Perempuan sebagai penggerak kemajuan.

    Pada ajang kali ini, penghargaan diberikan kepada perempuan yang berkontribusi nyata dalam memperbaiki keadaan dalam bidangnya secara inovatif, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.(AD)

    Berita Terkait

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Kominfo Dorong Mahasiswa Manfaatkan Teknologi AI

    Pemerintah berupaya mempercepat manfaat dan meminimalisasi risiko AI di beberapa bidang prioritas, misalnya bidang kesehatan, dan reformasi Selengkapnya

    Wamenkominfo akan Bincang Transformasi Digital dengan Sivitas STMM

    Wamenkominfo akan berbincang dengan sivitas STMM Yogyakarta mengenai transformasi digital yang mencakup tangan dan antisipasi perubahan indu Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA