FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 04-2015

    2367

    Menkominfo Minta Penyedia Konten Tetap Dikenai Biaya

    Kategori Sorotan Media | sorotan.media

    Menkominfo Minta Penyedia Konten Tetap Dikenai Biaya

    Liputan6.com, Jakarta - Facebook belum lama ini meluncurkan program akses internet gratis lewat Internet.org ke Indonesia. Ketika memasuki pasar pengguna internet di Tanah Air, program milik jejaring sosial terbesar di dunia itu memanfaatkan jaringan yang dimiliki Indosat.

    Kebijakan akses internet yang disediakan Indosat bagi Internet.org ternyata mendapat perhatian dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

    Ia bahkan mengkritisi kebijakan yang diambil operator telekomunikasi yang menggratiskan layanan internetnya untuk pengguna over-the-top (OTT) seperti Facebook dan lainnya.

    "Saya sudah bilang ke Indosat, kalau nggak suka berhenti saja. Jangan dikasih akses. Nggak bisa ini digratisin," ungkap menteri yang akrab disapa Chief RA tersebut saat ditemui di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta.

    Rudiantara menyebutkan keberatannya dikarenakan sebagian besar operator telekomunikasi mengaku masih rugi karena layanan kesulitan mendapat keuntungan karena kemudahaan yang disediakan perusahaan OTT.

    Akan tetapi, Indosat sendiri seakan tak masalah dengan penggunaan jaringannya pada akses internet gratis yang disajikan bersama Facebook. Mereka berharap kerjasama yang dijalinnya bersama Internet.org akan mendongrak pengguna internet di layanan seluler yang disajikannya.

    Pada acara peluncuran Internet.org beberapa waktu lalu, Presiden Direktur dan CEO Indosat berkilah bahwa akses internet gratis yang disediakannya memakai bandwidthyang sangat kecil.

    "Kita ingin sama-sama edukasi pasar yang masih belum kenal internet supaya tahu fungsi internet dulu lewat Internet.org," ungkap Alex kala itu.

    Program internet tanpa bayar yang disediakan Internet.org menyebutkan di situs resminya bahwa pengguna harus mengakses melalui jaringan Indosat.

    "Anda harus menggunakan jaringan Indosat untuk mengakses Internet.org. Jika Anda ingin mengakses situs web ini secara gratis, gunakan SIM dari Indosat," demikian pernyataan yang tertulis dalam situs resmi Internet.org.

    (den/isk)


    Sumber: http://tekno.liputan6.com/read/2222480/menkominfo-minta-penyedia-konten-tetap-dikenai-biaya#

    Berita Terkait

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Kominfo Uji Coba Penyampaian Informasi Kebencanaan Lewat SMS Blast

    Direktorat Pengembangan Pitalebar, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama mi Selengkapnya

    Menteri Kominfo Ungkap Progres Pengembangan 5G di Indonesia

    Kominfo menyatakan, 5G sudah diuji coba untuk beberapa program di Indonesia. Menteri Johnny Plate pun mengungkapkan progres pengembangan tek Selengkapnya

    Menkominfo: Informasi Vaksin Covid akan Disampaikan Akurat

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, informasi terkait kedatangan vaksin akan disampaikan kepada masyarakat secara Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA