FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 05-2015

    2396

    Tantang Internet.org, Mastel Sarankan Internet Nusantara

    Kategori Sorotan Media | sorotan.media

    Tantang Internet.org, Mastel Sarankan Internet Nusantara

    VIVA.co.id - Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel), Kristiono, menyayangkan sikap para operator seluler yang 'saling berebut' menghadirkan internet tanpa pulsa melalui internet.org dari Facebook.

    Menurutnya, internet bebas pulsa itu hanya akan dinikmati oleh negara asal Facebook dan tidak berdampak ke Indonesia. Artinya, Indonesia sekali lagi hanya dijadikan sebagai pasar bagi Facebook.

    "Sah-sah saja kalau mereka mau menggratiskan internet tapi jangan untuk kepentingan bisnis. Seperti, belanjanya ke luar tapi marketnya ada di sini (Indonesia). Semua service dan devisanya keluar," ujar dia ketika dihubungi Viva.co.id, Rabu, 6 Mei 2015.

    Kristiono menjelaskan, dengan mengatakan hal ini bukan berarti dirinya antiasing. Namun diakui, para pemain Over The Top (OTT) belum bangun infrastruktur data center di Indonesia sehingga data penggunanya tersimpan di negara asal perusahaan teknologi tersebut.

    "Pokoknya mereka harus bangun infrastruktur di sini. Komunikasinya dengan teman-teman di sini tapi bandwith-nya sampai ke Amerika. Selain itu juga, data pengguna e-commerce masih di luar tapi jualan di sini," kata dia.

    Dia mengatakan, alangkah baiknya jika para operator seluler bekerjasama menghadirkan internet nusantara. Layanan tersebut dimaksudnya untuk digunakan masyarakat Indonesia yang data serta kontennya berasal dari lokal.

    "Kalau internet nusantara kan market-nya di Indonesia. Layanan datanya dan trafiknya juga di Indonesia," ucap dia.

    Operator memang berlomba menjadi yang pertama mendapatkan proyek pengadaan internet tanpa pulsa yang digagas Facebook. Setelah sempat mengadakan acara besar menyambut kedatangan CEO Facebook, Mark Zuckerberg ke Indonesia, XL malah harus gigit jari. Pasalnya, peluncuran proyek ini malah lebih dulu dilakukan oleh Indosat. Kala Zuckerberg mendatangi Indonesia, hampir semua petinggi operator sowan dan berfoto bersama, menunjukkan kesiapan mereka untuk bergabung di Internet.org.

    Diketahui, Indosat menjadi operator telekomunikasi pertama yang menyediakan akses internet mudah tanpa pulsa bagi masyarakat Indonesia. Indosat menyediakan akses internet tanpa pulsa melalui layanan Internet.org, baik untuk pelanggan IM3 & Mentari (prabayar) maupun pelanggan Matrix (paskabayar).

    Dijelaskan Indosat, pelanggan akan mendapatkan kemudahan akses internet untuk beberapa layanan informasi di dunia maya. Selain itu juga, pelanggan dapat menikmati layanan Facebook. Pelanggan Indosat dapat mengakses layanan ini melalui www.internet.org atau dengan men-download aplikasi Internet.org dari playstore Android. Layanan ini akan tersedia dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

    Indosat mengklaim jika program 'Internet Tanpa Pulsa untuk Semua' ini mendapat respons cukup positif, terutama di kalangan pengusaha mikro wanita. Pengusaha mikro yang dimaksud ialah pengusaha wanita binaan Indosat di Tangerang Selatan. Disebutkan, para kaum Hawa ini merasakan kemudahan dalam mendapat informasi bagi kebutuhan pengembangan usahanya, melalui sejumlah webite yang dapat diakses secara gratis.

    "Kami berharap dengan kemudahan mendapatkan informasi dari akses internet tanpa pulsa ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia secara keseluruhan," jelas CEO Indosat, Alexander Rusli, kala itu.

     

    Sumber: http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/622720-tantang-internet-org--mastel-sarankan-internet-nusantara

    Berita Terkait

    Pemerintah Akselerasi Penyediaan Internet di Fasyankes

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan, pemerintah berkomitmen melakukan akselerasi penyediaan akses int Selengkapnya

    Kemenkominfo Pantau Jaringan Operator Seluler Saat Natal Dan Tahun Baru

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah berkoordinasi dengan operator seluler untuk meningkatkan kapasitas jaringan di t Selengkapnya

    Kementerian Kominfo Sosialisasikan Hari Nusantara, Ada Apa Saja?

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan sosialisasi terkait Hari Nusantara 2019 di Jakarta, Selasa, 3 Desember 2019 lalu. Selengkapnya

    Kominfo Gandeng Komunitas Masyarakat untuk Deradikalisasi

    Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Niken Widiastuti mengatakan Kominfo telah bekerjasama dengan berbagai k Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA