FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 05-2015

    2782

    Menkominfo: Huawei Harus Investasi Jangan Cuma Jualan

    Kategori Sorotan Media | sorotan.media

    Menkominfo, Huawei Harus Investasi Jangan Cuma Jualan

    Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meminta agar perusahaan Huawei tidak hanya mengambil ceruk keuntungan saja di Indonesia. Dia pun meminta agar mereka mau mengeluarkan uang untuk kepentingan di tanah air.

    "Saya bertemu pihak Huawei sejak 2002 silam. Mereka sudah memiliki peran besar di Indonesia dari sektor bisnis jaringannya, yang kemudian merambat ke ponsel," ungkap Rudiantara pada acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Huawei di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (19/5).

    MoU tersebut berisikan kesepakatan Huawei untuk membangun pusat inovasi di Tanah Air untuk memberdayakan sumber daya manusia yang melingkupi pelatihan terhadap para mahasiswa lokal."Huawei tak bisa hiraukan Indonesia sebagai pasar besar. Bisa dibilang Indonesia dibutuhkan oleh perusahaan ini. Maka dari itu, ketika mereka menghampiri saya pada Januari kemarin, saya langsung membahas bisnis," ceritanya lagi.

    Chief RA, begitu ia ramah disapa, mengatakan alasannya ingin berbisnis agar lebih 'mudah'. "Kalau bicara bisnis, maka akan jelas karena main angka," begitu ucapnya.

    "Huawei itu keuntungannya sudah besar secar global. Maka dari itu kalau mau investasi di Indonesia ya harus besar juga. Misalnya keuntungan Huawei itu secara global, 2,5 persennya bisa diinvestasikan untuk Indonesia."
     
    Khusus inisiatif pembangunan pusat inovasi ini, Huawei bakal difokuskan pada human capital atau SDM yang melibatkan para mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia.

    Nantinya mereka bakal dilatih dan diberi bekal bidang teknologi komunikasi dan informatika. Sejauh ini sudah ada sekitar 125 mahasiswa yang bakal berpartisipasi.

    Baik dari pihak Kemenkominfo maupun Huawei sayangnya masih malu-malu membocorkan nilai investasi yang digelontorkan untuk program ini.

    "Perusahaan kami sudah menjalin kerjasama dengan Kominfo sejak 2013. Melalui program ini kami berharap bakal terus tingkatkan komitmen di dalam industri telekomunikasi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia," ujar CEO Huawei Indonesia, Sheng Kai.
    (tyo/eno)

    Sumber: http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150519172016-185-54293/menkominfo-huawei-harus-investasi-jangan-cuma-jualan/

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Kominfo Uji Coba Penyampaian Informasi Kebencanaan Lewat SMS Blast

    Direktorat Pengembangan Pitalebar, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama mi Selengkapnya

    Menteri Kominfo Ungkap Progres Pengembangan 5G di Indonesia

    Kominfo menyatakan, 5G sudah diuji coba untuk beberapa program di Indonesia. Menteri Johnny Plate pun mengungkapkan progres pengembangan tek Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA