FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 05-2015

    3035

    TKDN Ponsel 4G: Kemenperin Tuding Ada Pengkhianat. Menkominfo Ngaku Ditekan Negara Produsen

    Kategori Sorotan Media | sorotan.media

    TKDN Ponsel 4G: Kemenperin Tuding Ada Pengkhianat. Menkominfo Ngaku Ditekan Negara Produsen

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perindustrian membeberkan adanya kelompok-kelompok tertentu yang berniat menggagalkan rencana pemerintah untuk menerapkan kebijakan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) 40% pada ponsel 4G LTE.

    Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin Ignatius Warsito mengingatkan kembali tujuan TKDN adalah untuk membuat Indonesia tidak semata-mata sebagai pasar produk asing. Namun, dia mengendus adanya gerakan-gerakan orang Indonesia sendiri yang justru khawatir dengan niat mulia tersebut.

    “Saya melihat ada pengkhianatan dari anak negeri sendiri yang justru menekan-nekan pemerintah agar TKDN tidak jadi. Ini kan konyol,” katanya di sela-sela Rapat Kerja Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel), Senin (25/5/2015).

    Menurut Warsito, orang-orang tersebut justru membela kepentingan asing yang terus membanjiri Indonesia dengan produk-produk impor. Padahal, importasi itulah sumber defisit neraca perdagangan Indonesia yang berpotensi semakin tidak terkendali.

    “Semua negara juga pengen adanya iklim usaha yang adil. Contoh Brasil. Mereka akhirnya berhasil membuat industri lokalnya tumbuh,” katanya.

    Di tempat yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara juga mengakui secara terbuka bila dirinya mendapat tekanan dari kekuatan bisnis dan negara produsen ponsel sejak mewacanakan kebijakan TKDN pada akhir tahun lalu.

    Mantan Wakil Direktur Utama PT PLN ini memastikan pemerintah tidak akan menyurutkan rencana tersebut. Untuk itu, dia meminta dukungan dari segenap komponen masyarakat khususnya asosiasi industri telematika dalam negeri.

    “Kalau tidak ada dukungan dari teman-teman saya takut juga,” katanya disambut tawa hadirin yang berasal dari berbagai asosiasi.

    Sumber: http://gadget.bisnis.com/read/20150526/280/437270/tkdn-ponsel-4g-kemenperin-tuding-ada-pengkhianat.-menkominfo-ngaku-ditekan-negara-produsen

    Berita Terkait

    Lebih dari 2 Juta Unduhan, Menkominfo Ajak Milenial Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan aplikasi PeduliLindungi saat ini telah diunduh lebih dari dua juta pengguna se Selengkapnya

    Perangi Hoaks, Kemenkominfo Galakkan Literasi Medsos

    REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Proses literasi media sosial perlu dilakukan ke seluruh lapisan masyarakat, baik itu pelajar dan mahasiswa maupun Selengkapnya

    Ajak Pelajar dan Stakeholder, Kementerian Kominfo Kampanye Cegah Stunting

    Pencegahan gagal tumbuh pada anak atau stunting harus dilakukan secara terpadu oleh beberapa kementerian. Langkah untuk meningkatkan kualita Selengkapnya

    Daftar 15 Link Hoax, Tudingan Kapolri Bunuh Anggota KPPS hingga Menantu Jokowi, Kominfo Lakukan Ini

    Kabar hoax kembali menerpa para pejabat tinggi negara. Kali ini seputar insiden meninggalnya ratusan petugas KPPS pada Pemilu 2019. Kementer Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA