FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 08-2015

    5204

    Menkominfo : Kementerian Kominfo dan KPI Sebagai Dua Sisi Mata Uang.

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Menkominfo : Kementerian Kominfo dan KPI Sebagai Dua Sisi Mata Uang.Jakarta, Komifo - KPI, MUI dan Kementerian Komnukiasi dan Informatika bersama menggelar acara “SILATURAHIM SYAHWAL DAN PENGHARGAAN PROGRAM RAMADHAN TERBAIK 2015”. Acara diselebggarakan di Ruang DR. Roeslan Abdoel Gani, Lt. 1, Kementerian Kominfo, Jumat, 31 Juli 2015. 

    Hadir pada acara tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika, Bpk Rudiantara; Ketua KPI, Bpk. Judhariksawan; Ketua Komisi I DPR RI, Bpk. Mahfud Siddiq; dan Ketua Bidang Kominfi MUI, Bpk. Bpk. Sinansari Ecip dan Pimpinan Lembaga Penyiaran dan tamu undangan lainnya.

    Pada kesempatan tersebut Menkominfo menyampaikan sambutan bahwa mengingatkan kepada para pimpinan lembaga penyiaran bahwa kurang dari satu tahun lagi izin penyiaran agar bisa diperpanjang.

    “Walau memang nantinya izin diberikan, namun ini tidak sekedar urusan proses perpanjangan izin, oleh Pemerintah, saya hanya ingin menyatakan bahwa antara KPI dan Menkominfo merupakan dua sisi mata uang, bergandengan, bersamaan,” jelas Menkominfo.

    Menkominfo mengharapkan KPI juga bisa membuatkan semacam rapor/laporan, dan itu tidak akan jadi berupa finalty, tetapi apa yang harus diperbaiki. Jadi, bila raport semacam sudah ada  kemudian disampaikan kepada lembaga pertelevisian yang akan menjadi penilaian bagi keluarnya perizinan pada bulan Juni 2016.

     “Kami sangat mendorong aspek kreatifitas di bidang penyiaran, khususnya televisi. Karena konten itu adalah creativity, akan teapi kami juga akan menyediakan semacam koridor dimana kreatifitas bisa dilakukan dan diimplemtasikan oleh penyelenggara siaran,” ungkap Pak Rudiantara. 

    Pemerintah tidak mengharapkan atau  mengekang  penyiaran atau pertelevisian dan  kembali ke jaman dahulu di mana semuanya  hanya datang dari satu sumber. Justru dengan adanya UU Penyiaran, bisa keluar dari konteks tersebut, ‘bebas’, namun bukan bebas tanpa batas, sepeti salah satunya koridor yang diamanatkan MUI.

    “Konten penyiaran pun harus mengadung aspek pendidikan, dan lainnya juga harus menjaga sustainability dari industri televisi, dan bisnis. Kalau industri dan bisnis  tidak sustainable, tentunya tidak  akan menghadirkan konten dan  layanan yang  berkualitas,” kata Menkominfo.

    Selanjutnya, Menkominfo mengucapkan  selamat kepada para penerima Penghargaan Program Ramadhan Terbaik 2015, dan kiranya penghargaan  apresiasi ini tidak diberikan pada Bulan Ramadhan saja, akan tetapi KPI juga memberikan penghargaan lainnya. 

    “Apresiasi tidaklah hanya sekedar apresiasi namun apresiasi haruslah sejalan dengan finalty”, ujar Menkominfo mengakhri sambutannya.

    Ada empat kategori yang diberikan pada Penghargaan Program Ramadhan 2015 ini, yaitu 1. Kategori Talent Show yang diberikan kepada Hafidz Indonesia 2015, RCTI;  2. Kategori Sinetron yang diberikan kepada Sinetron Para Pencari Tuhan Jilid 9, SCTV; 3. Kategori Feature, Dokumenter diberikan kepada Muslim Traveller, NET TV; dan 4. Kategori Reality Show diberikan kepada Ku Penuhi Panggilan Mu, RTV.

    Apresiasi Program Ramadhan 2015 dari KPI dan MUI juga diberikan kepada sejumlah Program Ramadhan yang dinilai memenuhi kualitas sebagai tontonan dan tuntunan kepada masyarakat selama Bulan Ramadhan. (doni/tisa/elfira/satharly).

    Berita Terkait

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA