FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 08-2015

    1688

    Komisi I DPR Sarankan Badan Cyber di Bawah Kemenkominfo

    Kategori Sorotan Media | sorotan.media

    JAKARTA - Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais mengatakan, Bank Cyber Nasional (BCN) memang diniatkan untuk mengantispasi ancaman cyber (kejahatan di dunia maya) yang muncul, seperti cyber war dan sebagainya.
    Menurut Hanafi, kebutuhan mengatasi keamanan siber memang penting. Jika memang BCN dibentuk, maka harus ada aturan yang jelas dalam pembentukannya yakni dengan membuat Undang-undang (UU).
    Namun jika hal itu tidak dapat terpenuhi, pemerintah kata Hanafi, bisa memaksimalkan kemanan cyber di bawah kementerian yang telah ada. Seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) atau Kementerian Pertahanan (Kemenhan).
    "Kemhan sudah punya sektor cyber, TNI dan Kemenkinfo sudah punya kapasitas itu. Kalau mau difungsikan keamanan cyber itu, mengintegrasikan itu saja, cyber di berbagai lembaga itu," ujar Hanafi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/8/2015).
    Kendati demikian, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu menilai, sebaiknya keamanan cyber dibentuk di bawah Kemenkominfo, bukan di Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam).
    "Sebaiknya dikelola Kemenkominfo, bukan Menko Polhukam. Karena kalau Menko Polhukam nanti apa-apa dianggap sebagai ancaman keamanan, padahal semuanya enggak kaya begitu.  Kalau Kemenkominfo yang kendalikan bisa lebih bijak, karena lebih terseleksi," jelasnya.
    Hanafi mengaku, pihaknya akan memanggil kementerian terkait untuk membahas secara gamblang pembentukan BCN ini. Apa lagi lanjut dia, Komisi I sebelumnya telah sepakat menjaga pertahanan dan keamanan cyber.
    "Ada rencana undang kementerian terkait termasuk Menko Polhukam, mau dibuat seperti apa. Tapi kita belum sepakat apakah badan sendiri atau mengintegrasikan sektor cyber di TNI, Kemhan dan Kominfo," tandas Hanafi.
    source: http://nasional.sindonews.com/read/1036938/14/komisi-i-dpr-sarankan-badan-cyber-di-bawah-kemenkominfo-1440498084
    ditampilkan sejak tanggal: 25/8/2015

    Berita Terkait

    Lestarikan Sejarah, Kemenkominfo akan Digitalisasi Aksara Jawa

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana melakukan digitalisasi aksara Jawa. Tujuanya, agar peninggalan sejarah berup Selengkapnya

    Solusi Internet Daerah 3T, Kemenkominfo Uji Coba Super Wifi

    JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tengah menguji teknologi Super Wifi untuk menyalurkan akses internet di ka Selengkapnya

    Ini Kampanye Pakai Masker ala Kemkominfo

    GUNA membangun kesadaran masyarakat agar dapat mematuhi protokol kesehatan secara disiplin, Kementerian Kominfo gencar melakukan upaya komun Selengkapnya

    Tingkatkan jaringan internet, Kemenkominfo bangun 18 BTS baru di Seruyan

    Kementerian Komunikasi dan informatika melalui Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi berencana membangun 18 tower Base Transceiver Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA