FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 09-2015

    2926

    Menkominfo membuka acara Robotic Day 2015

    Kategori Berita Kominfo | daon001

    Menkominfo membuka sambutan dengan mengapresiasi acara robotic day 2015 yang dilangsungkan di SMA Negeri 28 Jakarta. Acara yang telah dilaksanakan 7 kali sejak tahun 2008. Kominfo mendukung acara ini dengan berpartisipasi sebagai Juri dari perlombaan robotic ini.  

    Dikatakan juga oleh Menkominfo bahwa dengan membuat robot /menciptakan robot, kita mentransfer kehidupan manusia, kemampuan manusia, sebagai alat bantu dalam konteks jejak jelajah, berfikir dan bertindak.

    Penggunaan robot banyak dilakukan di masa ini, seperti peran pelayan di restoran atau pembantu rumah tangga bahkan di bidang science, Robot juga telah digunakan dalam eksperimen untuk menggantikan manusia menjelajah luar angkasa.

    Dalam sambutannyaa, Menkominfo menceritakan tentang pengalamannya dua minggu lalu dimana Ia juga hadir dan memberikan sambutan dalam kontes robot yang diikuti oleh 14 negara. Robot yang dirakit merupakan robot khusus untuk olahraga bulutangkis.

    “Perbedaan robot dengan manusia dalam melakukan pertandingan bulu tangkis adalah robot melakukannya tidak dengan hati atau perasaan sehingga ketika bertanding tidak dapat secepat pemain manusia dan tidak dapat memprediksi arah shuttlecock.”, kata Rudiantara

    Dalam pengembangan  ICT,  yang termasuk juga Robot, Pemerintah juga menyelenggarakan kegiatan yang dinamakan INAICTA. Jumlah peserta yang mengikuti INAICTA cukup banyak, yaitu 1045 pesera yang kemudian diseleksi menjadi 120 pesera.

    Menkominfo juga berharap kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Anies Baswedan, yang juga hadir pada acara pembukaan Robotic Day 2015 agar memulai untuk mengajarkan Ilmu Coding kepada siswa – siswi seperti yang dilakukan di Singapura dimana Pemerintah menyediakan bus khusus untuk mendukung pelatihan Coding di sekolah – sekolah pada jam istirahat.

    Diakhir kata Menkominfo mengucapkan Selamat Berlomba untuk peserta dan mengucapkan selamat bagi yang akan menang dan bagi yang kalah, jangan menyerah dan dapat mencoba tahun depan untuk mendapat kemenangan.

    Penyelenggaraan Robotic Day 2015 berlangsung dari tanggal 4 – 5 September 2015, bertempat di SMA Negeri 28 Jakarta ,dihadiri oleh Menkominfo,Menteri P&K, Kepala Dinas Pendidikan Prov Jaksel, Camat Tanjung Barat dan para kepala sekolah.

     

     

     

     

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Mobile World Congress 2024

    Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Acara Puncak Peringatan Hakordia 2023

    Presiden mengungkapkan, sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi pemerintah telah melakukan digitalisasi di berbagai pelayanan, seperti Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA