FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 12-2015

    5436

    Sektor ICT Beri Kontribusi 5,5% terhadap PDB

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menyambut baik hasil studi LPEM FEUI dan Masyarakat Telematika (Mastel) tentang kontribusi smartphone dan sektor ICT sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi. Hasil kajian LPEM FE UI bersama Mastel menyimpulkan semua pengguna telepon seluler memberikan kontribusi terhadap PDB sebesar 5,5%.

    "Hasil penelitian ini membuktikan sekaligus mempertegas bahwa sektor ICT memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di suatu negara, tak terkecuali Indonesia,” kata Rudiantara pada Perayaan HUT ke 22 Mastel di Kantor Kementerian Kominfo, Selasa (1/12).

    Hasil kajian LPEM FE UI bersama Mastel menyimpulkan bahwa setiap pengguna smartphone mampu memberikan nilai tambah ekonomi sebesar Rp1.728.000. Selanjutnya, kenaikan jumlah pengguna telepon seluler sebesar 1% akan meningkatkan PDB sebesar 0,055%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa semua pengguna telepon seluler memberikan kontribusi terhadap PDB sebesar 5,5%.

    Pada bagian lain Rudiantara juga mengatakan bahwa dampak industri ICT ini akan semakin besar seiring dengan berkembangnya pemanfaatan ICT disetiap sektor kehidupan masyarakat khususnya e-commerce. "Indonesia merupakan negara dengan potensi digital economy terbesar di dunia," ungkapnya. 

    Ketua Umum Mastel, Kristiono menjelaskan smartphone merupakan alat produksi yang memungkinkan masyarakat meningkatkan kualitas hidup, memberikan akses lebih mudah untuk informasi dan peluang -peluang bisnis. 

    Menilai arti penting smartphone, Kristiono berharap pemerintah dapat mendukung akses kepemilikan smartphone bagi seluruh masyarakat dan tidak melakukan upaya yang menghambat ketersediaan smartphone dengan harga yang terjangkau. "Mastel berharap semua pihak mendukung terciptanya ekosistem ekonomi digital yang mudah diakses oleh seluruh lapiran masyarakat,” tuturnya.

    Selain itu, Kristiono juga menganjurkan pemerintah untuk merancang paket kebijakan industri, investasi dan perdagangan yang komprehensif agar mampu mendorong terbentuknya Indonesia sebagai negara yang berbasis ekonomi digital. (YDR)

    Berita Terkait

    Dorong Sektor e-Commerce, Kominfo Percepat Bahas RUU PDP

    Kementerian Komunikasi dan Informatika segera mempercepat pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi (PDP), agar dap Selengkapnya

    Menkominfo Apresiasi Kontribusi Startup Digital Lokal

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan apresiasi atas kontribusi stratup digital dalam meningkatkan ekosistem digital di I Selengkapnya

    Penerima Beasiswa Harus Pikirkan Kontribusi untuk Indonesia

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengharapkan penerima beasiswa selama menjalani perkuliahan dapat menjalin hubungan dengan pel Selengkapnya

    Menkominfo: GO-JEK Beri Kontribusi Besar bagi Ekonomi Indonesia

    Kehadiran aplikasi transportasi online di Indonesia menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara membawa dampak positif terhadap pe Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA