FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 02-2016

    7089

    Operasional Mobil Internet Dihentikan

    Kategori Sorotan Media | Nuraeni

    PADANG, HALUAN — Mo­­­­bil internet yang bia­sanya bersiliweran di na­gari-nagari di Sumbar, sejak beberapa waktu lalu tak nampak lagi. Sebagian ken­daraan yang didominasi warna biru dan dongker itu, terlihat diparkir di Kom­plek Lanud, Padang.

    Menurut Kabid Ko­min­fo Dinas Perhubungan dan Kominfo Sumbar, Nur­fi­trisman, operasional ken­daraan yang biasa disebut Mobil Pusat Layanan In­ter­net Kecamatan (MPLIK) itu, untuk sementara dihen­tikan. Di Sumbar, jum­lah­nya sekitar 114 unit, ber­operasi di kecamatan pada seluruh kabupaten daerah ini.

    “Sesuai dengan siaran pers Kementerian Kominfo yang kami terima Maret 2015 lalu, kontrak tahun jamak 2015 pelayanan MPLIK tidak dilanjutkan. Pa­salnya, berdasarkan hasil mo­nitoring evaluasi per­kem­bangan pelayanan, di­nilai belum efektif,” ka­tanya.

    Dikatakan, layanan mobil internet itu merupakan bagian dari Universal Service Obli­gation (USO). USO adalah kewa­jiban pemerintah dalam mem­berikan pelayanan universal di bidang telekomunikasi dan infor­masi kepada publik.

    Kewajiban pelayanan itu dila­kukan untuk mengurangi ke­senjangan digital di daerah, khu­sus­nya di pedesaan, daerah ter­tinggal dan terluar yang secara ekonomi sulit dilakukan oleh penyelenggara telekomunikasi komersial.

    Program layanan USO sela­ma ini diawali dengan layanan dasar (voice) hingga layanan data (internet), dengan kegiatan an­tara lain Desa Dering, Pusat Layanan Internet (PLIK) dan PLIK yang sifatnya bergerak (MPLIK).

    “Layanan USO itu dilakukan menggunakan model sewa laya­nan atau pengadaan barang dan jasa lainnya dari penyedia USO. Jadi operasionalnya dilakukan pihak ketiga. Juga aset milik pihak ketiga. Untuk di Sumbar, kalau tidak salah operatornya adalah PT Lintasarta,” katanya.

    Terpisah, PT Lintasarta diwa­kili Koordinator MPLIK Wil­a­yah Sumbar, Marfendi yang di­hu­bungi terpisah, membenarkan jika operasional mobil internet itu dihentikan sejak Desember 2015, karena memang kontrak kerjanya sampai 31 Desember 2015. Namun, operasional sela­ma 1 tahun itu tidak dibayar lagi oleh Kemenkominfo.

    “Karena itu, seluruh MPLIK untuk Sumbar yang jumlahnya 114 unit telah kita tarik dan tidak beroperasi lagi,” katanya.

    Selama beroperasi, lanjutnya, respon masyarakat sangat luar biasa. Karena mobil internet itu sangat membantu kebutuhan masyarakat yang tidak terjangkau jaringan internet. Untuk pe­makaian, pengguna dikenakan biaya Rp1.000 per jam.

    Secara nasional, dari relis Kemenkominfo tertanggal 5 Maret 2015 itu disebutkan, hingga saat ini berdasarkan hasil monitoring evaluasi perkem­bangan layanan USO, dari sisi anggaran realisasi rata-rata per­tahun sampai 2014 adalah 41 per­sen. Hal tersebut menunjukkan belum efektifnya layanan USO. Maka untuk sementara pelayanan USO dihentikan guna mencegah munculnya potensi kerugian dari berbagai aspek.

    Selama masa penghentian sementara, dilakukan langkah-langkah evaluasi dan rancang ulang Program USO tahun 2015. Esensi utama dari rancang ulang adalah tetap melanjutkan pro­gram eksisting namun merubah mekanismenya, yaitu tidak lagi bersifat top down, dari pusat ke daerah, tetapi dari daerah ke pusat yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah.

    Kepala Dishub Komindo Ta­nah Datar, Abrar mengaku, se­banyak 12 unit MPLIK di dae­rahnya sudah tak beroperasi sejak Desember 2015. Sejak itu pula, mobil tersebut diparkir saja di lingkungan kantor Dinas Per­hubungan dan Kominfo se­tempat.

    “MPLIK sudah tak ber­ope­rasi sejak Desember 2015 lalu. Padahal cukup banyak man­faatnya bagi masyarakat pen­g­guna jasa internet,” kata Kepala Dishub Komindo Tanah Datar, Abrar.

    Sedangkan di Solok Selatan, Kepala Dishub Kominfo Ar­men­ses mengaku tak tahu banyak soal mobil internet itu, karena ope­ra­sionalnya langsung dari pusat. Jum­lahnya sebanyak 5 unit.

    sumber : http://harianhaluan.com/news/detail/48389/operasional-mobil-internet-dihentikan

    Berita Terkait

    Pemerintah Akselerasi Penyediaan Internet di Fasyankes

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan, pemerintah berkomitmen melakukan akselerasi penyediaan akses int Selengkapnya

    BAKTI perkuat akses internet di NTT

    Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) memperkuat keberadaan titik akses internet di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Selengkapnya

    Berau Terima Bantuan Jaringan Internet dari Kominfo

    Kabupaten Berau mendapatkan bantuan jaringan internet dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi Selengkapnya

    Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital Singgah di Denpasar

    Acara ini diselenggarakan di GOR Lila Bhuana, Jalan Melati, Denpasar, Sabtu (7/9). Staf Khusus Menteri Bidang PMO dan Ekonomi Digital Kominf Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA