FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 02-2016

    5120

    Menkominfo Imbau Seluruh Wartawan Indonesia Bersertifikasi

    Kategori Berita Kominfo | andr010

    Lombok Tengah, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menghimbau para wartawan di Indonesia untuk mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) pada tahun 2016 untuk mendapatkan sertifikat kewartawanannya. Dari sekitar 15 ribu wartawan yang terdata di PWI, baru ada 5.000 wartawan yang sudah lulus UKW. "Ini kan, untuk pengembangan profesi. Jadi, harus diurus sertifikasinya," kata Rudiantara di sela Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (09/02/2016).

    Hal tersebut, menurut Rudiantara, harus didorong dari individu masing-masing wartawan. "Ini harus dimulai dari individu wartawannya, kecuali media-media besar yang sudah punya sistem sendiri. Bahkan mereka mengeluarkan sertifikasi sendiri tapi kan mayoritas ini adalah media-media yang secara sistem belum begitu kuat," ujarnya.

    Lebih lanjut Menkominfo menegaskan bangsa Indonesia tidak akan kembali ke zaman dulu karena semua dikontrol pemerintah, namun saat ini pemerintah akan terus memberikan fasilitas untuk memberikan kemudahan untuk pers. "Kami juga menginginkan pers yang kuat, yang berkulitas dan berkompeten, tidak asal mohon maaf seperti 'wartawan tanpa media'. Tetapi, ini pemerintah sifatnya mendorong. Pemerintah kan tidak bisa lagi seperti dulu karena saat ini tidak perlu izin pemerintah dulu," kata Rudiantara.

    Sebelumnya, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menargetkan 7.000 wartawan akan mengikuti uji kompetensi wartawan pada 2016.
Ketua PWI Pusat, Margiono di Mataram, Minggu (07/02/2016), mengatakan, uji kompetensi menjadi prioritas organisasi sehingga harus mendapat dukungan seluruh pengurus PWI Daerah. "Kami maklumi, beberapa pengurus PWI di daerah menemui kendala menyelenggarakan uji kompetensi, yakni pendanaan. Tetapi sudah menjadi tanggungjawab pengurus mencari solusi," kata Margiono, pada rapat kerja PWI sebagai rangkaian Hari Pers Nasional di Mataram, NTB.


    Bagi PWI, menurut Margiono, uji kompetensi penting untuk memastikan wartawan anggota PWI memiliki kapasitas sebagai sosok yang pantas dan mumpuni untuk menyandang profesi kewartawanan. Data PWI, hingga 2015 sudah tercatat 5.363 orang dinyatakan kompeten sebagai jurnalis, yang dibagi menjadi tiga kategori, yaitu wartawan muda, wartawan madya dan wartawan utama (Aak).

    Berita Terkait

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA