FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
24 06-2017

2357

Kenaikan Penggunaan Data Paling Besar di Jawa

Kategori Berita Kementerian | patr001

Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan kenaikan penggunaan data paling besar terjadi di Jawa. “Orang Jakarta kebanyakan mudik ke Jawa Tengah. Kalau kita lihat lewat Semarang, kemacetan sudah mulai terurai ke arah Timur,” katanya saat memantau kesiapan jaringan telekomunikasi di command center operator telekomunikasi Telkomsel, XL Axiata, H3I, dan Smart Telecommunication, di Jakarta, Jumat (23/6/2017).

Setelah melihat persebaran titik akses jatingan telekomunikasi, Menteri Rudiantara menilai titik kritis akses ada di Jawa Tengah. “Titik kritisnya ada di Jawa Tengah. Begitu lewat Jawa Tengah sudah terurai. Praktis yang berat itu dari Jawa Barat dan Jawa Tengah,” ujarnya.

Menurut Menteri Kominfo, kenaikan data untuk kawasan Bali juga tinggi dikarenakan orang yang tidak lebaran dominan melakukan liburan ke Bali.

Direktur Service Managament Officer PT XL Axiata Yessie D. Yosetya mengatakan berbagai persiapan telah dilakukan untuk menghadapi arus mudik. “Untuk arus mudik sudah disiapkan service center untuk top up dan pelayanan paket data. Beberapa optimalisasi terus dilakukan,” katanya.

Sementara itu, VP Network Relations Smartfren Munir mengatakan kualitas jaringan tetap prima dalam layanan Ramadhan dan Lebaran 2017. “Kecukupan kapasitas dengan optimasi dan penambahan kapasitas 25% di seluruh area publik, jalur transportasi dan kota tujuan mudik,” katanya.

Selain itu, Munir mengatakan pihaknya juga menyiapkan team task force untuk melakukan antisipasi problem lebih dini. (PS)

 

Berita Terkait

Italia Akan Kembangkan Inkubator Startup di Indonesia

Deputi Perdana Menteri dan Menteri Pembangunan Ekonomi, Buruh dan Kebijakan Sosial Italia, Luigi Di Maio menyatakan akan mengembangkan inkub Selengkapnya

Menkominfo: Jadikan Pancasila Inspirasi "Politik Harapan"

Menteri Kominfo Rudiantara menyatakan Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan ber Selengkapnya

Menkominfo Beberkan Urgensi RUU Perlindungan Data Pribadi

Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) memiliki peranan amat penting, terutama dalam memproteksi data-data strategis pu Selengkapnya

Kominfo Ajak Warganet Jaga Data Pribadi Sambil NgabuburIT

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak warganet untuk menjaga data pribadi. Lantaran, data pribadi menjadi komoditas bernilai tingg Selengkapnya