FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 07-2017

    10453

    Menkominfo: Kurang dari 5 Tahun Jaringan 2G Bakal Dimatikan

    Kategori Sorotan Media | fadhil

    JAKARTA - Saat ini masyarakat sudah akrab dengan jaringan 4G yang memberikan akses internet berkecepatan tinggi. Teknologi jaringan yang lebih lawas seperti 2G, saat ini masih banyak dipakai walau ke depan tampaknya jaringan tersebut akan dimatikan.

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengisyaratkan kurang dari lima tahun tidak ada lagi 2G di Indonesia.

    "Kalau lima tahun sudah enggak ada 2G di Indonesia lah. Karena apa? 2019 itu harga ponsel 4G yang buatan dalam negeri ada yang Rp400-an ribu, sudah murah. Jadi enggak ada lagi, dibandingkan antara ponsel 4G (smartphone 4G) dengan yang 2G sudah enggak ada artinya, kita bicara tahun 2019-2020," kata Rudiantara kepada Okezone.

    Ia mengatakan, daya beli masyarkat meningkat dan operator fokus pada teknologi 4G. Menurutnya, pemerintah akan memutuskan menghilangkan 2G karena biaya mengirimkan data pakai 2G lebih mahal daripada 4G.

    "4G kan teknologi, tetapi habitnya sendiri, data. Voice Over LTE kan belum sempurna, kualitas belum sebaik yang model 2G, tapi sebentar lagi ya 2G akan hilang. Kita harus hilangkan karena biar bagaimanapun biaya untuk deliver data pakai 2G puluhan kali lebih mahal daripada 4G," jelasnya.

    Lebih lanjut ia mengatakan, masyarakat sudah menuju pada penggunaan data. Seperti diketahui beberapa aplikasi sudah mendukung percakapan telefon melalui data.

    (ahl)

    Sumber: http://techno.okezone.com/read/2017/07/03/54/1727460/menkominfo-kurang-dari-5-tahun-jaringan-2g-bakal-dimatikan

    Berita Terkait

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA