FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 07-2017

    2644

    Inilah Cara Baru Libatkan Daerah Bangun Indonesia

    Kategori Berita Kominfo | vera002

    Jakarta, Kominfo- Pemerintah menerapkan cara baru dalam upaya membangun Indonesia yaitu dengan memaksimalkan pelibatan pemerintah daerah. "Ini cara berbeda dari sebelumnya, kita akan dorong daerah untuk terlibat dalam pembangunan mulai dari pembangunan jalan tol, tanah, perluasan runaway, bandara dan lainnya. Cara baru ini dengan melibatkan daerah itu sendiri," ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika dalam Pembukaa n Rapat Koordinasi Urusan Pemerintahan Bidang Komunikasi dan Informatika, di Hotel Redtop Jakarta, Selasa (11/7/2017). 

    Menkominfo menambahkan bahwa dalam Rapat Terbatas Kabinet, Presiden Joko Widodo akan menanyakan para menteri terkait mengenai sejauh mana pembangunan yang dilakukan oleh Kementerian yang bersangkutan. "Menteri harus siap ketika ditanyakan perkembangan pembangunan/program yang sedang dilakukan. Gubernur juga harus mengetahui hal apa saja yang bisa dikerjakan untuk membantu pemerintah pusat," tambahnya. 

    Pemerintah daerah dikatakan Menkominfo harus mengetahui pembangunan apa yang terjadi didaerahnya terutama infrastruktur. Beberapa program strategis nasional seperti jalan tol, jalan nasional, bendungan, bandara dan lainnya perlu terus dipantau perkembangannya oleh pemerintah pusat dan daerah.

    Maksimalkan Joint Program Pusat-Daerah
    Kesepakatan pemerintah pusat dan daerah saat ini sudah tidak ada lagi dana dekonsentrasi yang ada adalah joint program. "Joint program yang bisa dilakukan bisa sosialisasi hasil pembangunan. Pusat menyediakan apa, daerah kontribusi apa ini merupakan bentuk joint program, jadi tidak ada lagi dana dekonsentrasi," ujar Chief RA.

    Melalui joint program ini pemerintah pusat dan daerah bisa berjalan bersama. "Kita jalan bareng dan diatur pembagian daerah dan pusat. Kita harus keluar dari pakem yang lama yang tidak efektif dan efisien. Saatnya lakukan hal yang signifikan dan bermanfaat bagi Indonesia," ajak Rudiantara. (VE)

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! BI Tak Layani Penukaran Uang Baru Idulfitri Tahun Ini

    Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari kompas.com, narasi soal BI tidak melayani penukaran uang baru untuk Idul Selengkapnya

    Transformasi Digital dan Pemerataan Akses Internet Kunci Indonesia Maju 2045

    Konektivitas yang cepat dan merata akan membuka peluang bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi digital untuk meningka Selengkapnya

    IKN Jadi Simbol Lompatan Transformasi Indonesia Lebih Maju

    Perencanaan IKN juga mengintegrasikan dua klaster pendukung, yaitu klaster kota cerdas (smart city) dan pusat industri 4.0, serta klaster pe Selengkapnya

    [Berita Foto] Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila

    Kominfo menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA