FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 07-2017

    3376

    Hadapi Transformasi Mindset Digital, Kominfo Buat Koridor

    Kategori Berita Kominfo | helm003

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan teknologi lebih merupakan pola pikir dan proses bisnis ketimbang disrupter dalam transformasi mindset digital yang tengah terjadi. Oleh karena itu, dalam aspek teknologi, Kementerian Kominfo tidak akan membuat aturan detil.
    "Di tengah digital mindset transformation yang terjadi saat ini, Kementerian Kominfo lebih kepada membuat koridor. Pemerintah berubah dari regulator menjadi fasilitator dan akselerator," katanya dalam Seminar Asean Corporate Culture Forum (ACCF) di Menara 165, Jakarta Selatan, Selasa (12/7/2017).


    Mengenai transformasi mindset digital, Menteri Rudiantara melihat ada beberapa perubahan pola pikir dari sisi pelaku ekonomi di Indonesia. "Pertama, terkait dengan consumer banking. Perubahan pola ini ditandai dengan munculnya financial technology (fintech)," katanya. Menurut Menteri Kominfo, perbankan akan dihadapkan pada pilihan apakah akan menerapkan pola fintech dalam bisnisnya atau tetap menjalankan pola konvensional. "Kedua, hadirnya layanan taksi online di tengah masyarakat Indonesia merupakan perubahan yang tidak bisa dihindari. Model bisnis taksi online harus  distruktur sedemikian rupa sehingga menjadi alat untuk memberdayakan ekonomi rakyat," jelasnya. 

    Sementara dari sisi media sosial, Menteri Rudiantara menyebut terjadi perubahan digital mindset di sisi pemerintah. "Berdasarkan aturan, ada dua hal yang dilakukan pemerintah terkait dengan penggunaan media sosial yaitu pembatasan akses dan pemblokiran atau take down akun (yang melanggar)," katanya.  Meskipun demikian, Menteri Kominfo menegaskan pemerintah berupaya mencoba pola lain yaitu dengan memberikan literasi kepada masyarakat. Selain itu juga, pemerintah juga mengupayakan untuk membuat konten-konten positif di media sosial. "Target pada tahun 2020, konten positif harus lebih banyak dari konten negatif," jelasnya. Lebih lanjut, Menteri Rudiantara mengajak para peserta seminar untuk lebih positif dalam memanfaatkan media sosial.

    Seminar Asean Corporate Culture Forum merupakan perhelatan ke-14 yang telah dilaksanakan. Tema kali ini diambil Digital Mindset Transformation in VUCA Era. Seminar itu menghadirkan Menkominfo  Rudiantara sebagai keynote speaker serta narasumber antara lain: penulis buku Digital Mastery dan mantan Direktur Human Capital Management Telkomsel Priyantono Rudito, CEO Bukalapak Achmad Zacky, serta CEO ESQ Group Ary Ginandjar Agustian.


    Di akhir sambutan, Menteri Rudiantara menegaskan tugas pemerintah untuk memastikan infrastruktur ICT harus bisa menjadi enabler dari pertumbuhan ekonomi dan perubahan tatanan sosial masyarakat Indonesia menjadi lebih baik.

    Berita Terkait

    Apresiasi Aksi Baksos DWP, Sekjen Kominfo: Bukti Nyata Kebersamaan

    Sekjen Mira Tayyiba mengapresiasi dedikasi dan komitmen DWP Kementerian Kominfo yang telah ditunjukan dalam menggerakan kegiatan sosial dari Selengkapnya

    Baksos dan Santunan Anak Yatim, Ketua DWP Kominfo Ingatkan Soal Sedekah

    Ketua Panitia Baksos dan Santunan Anak Yatim DWP Kementerian Kominfo Ilma Nugrahani Ismail menyatakan kegiatan Bakti Sosial Santunan dan Baz Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Jaga Kualitas Layanan Telekomunikasi, Kominfo Operasikan Pusat Monitoring

    Operasional PMT bertujuan untuk memastikan bahwa semua aspek pelayanan telekomunikasi, pos, dan penyiaran dapat berjalan baik sesuai dengan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA