FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 07-2017

    2682

    Kominfo Genjot Kesadaran Terhadap Keamanan Siber

    Kategori Sorotan Media | Nur Islami

    JAKARTA (IndoTelko) – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus menggenjot kesadaran masyarakat terhadap keamanan siber dengan mendukung Indonesia Honeynet Project Conference 2017.
    “Saat ini pengguna internet Indonesia semakin lama semakin meningkat, kalau kita lihat saat ini jumlah penguna internet di tahun 2017 lebih dari 50% penduduk Indonesia. Ini menunjukkan ketegantungan masyarakat terhadap internet. Nah seiring dengan pengguna meningkat ada juga ancamannya,” kata Direktur Keamanan Informasi Ditjen Aplikasi Informatika, Aidil Chendramata, kemarin.
    Dijelaskannya, hal yang menarik dalam pengelolaan cyber security adalah dampak positif dalam berbagai lini pendidikan, industri dan lain lain. “Dengan adanya keamanan informasi ini diharapkan kita semua terlindungi dari ancaman Cyber, dimana saat ini banyak insiden dan ancaman Cyber Security berupa Ransomware dan Malware yang terjadi di Indonesia. Hal itu menjadi perhatian khusus bagi pemerintah, untuk itu kami dari Kominfo berperan untuk melakukan keamanan informasi dan membentuk suatu lembaga keamanan,” jelasnya.
    Diungkapkannya, saat ini Kementerian Kominfo telah membentuk Tim Penanganan Insiden dan Keamanan Informasi (TIPIKI), “TIPIKI ini dibentuk guna melakukan tindakan dan penyidikan, dimana kita akan mengetahui bilaman terjadi suatu insiden bisa kita tangani bersama,” tambahnya.
    Peneliti Kelompok Penelitian Keamanan Informasi dan Dosen dari Universitas Swiss Jerman Charles Liem, mengingatkan agar penyebaran informasi tetap dilakukan secara faktual dan solutif. “Penyebaran pesan yang berisi data yang sesuai dengan kenyataan, sehingga menimbulkan penjelasan yang benar serta menumbuhkan pengertian yang sama mengenai pesan yang disebarkan,” ungkap Charles.
    Menurut Charles yang menjadi Indonesia Honeynet Project Chapter Lead, komunitas itu bekerja secara sukarela mewujudkan dunia digital yang lebih aman melalui tiga cara, yaitu meningkatkan kepedulian (awareness), menyediakan informasi terkait ancaman security terkini, serta menyediakan tools yang membantu organisasi mendeteksi serangan yang terjadi.
    “Dengan strategi ini, kami berharap komunitas ini bisa membantu pemerintah, institusi pendidikan, maupun perusahaan swasta untuk lebih siap menghadapi serangan cybersecurity yang kian kompleks,” jelasnya.
    Honeynet Project sendiri adalah komunitas nirlaba global yang memiliki visi meningkatkan keamanan internet di seluruh dunia. Dibangun dengan semangat kebersamaan, Honeynet Project terdiri dari ahli security, akademisi, serta pemerhati masalah security yang tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. (ak)
    Sumber: http://www.indotelko.com/kanal?c=in&it=kominfo-kesadaran

    Berita Terkait

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Kominfo Uji Coba Penyampaian Informasi Kebencanaan Lewat SMS Blast

    Direktorat Pengembangan Pitalebar, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama mi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA