FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 07-2017

    1373

    Rudiantara: Pemerintah Perlu Tetapkan Formula Tarif Data

    Kategori Sorotan Media | Nur Islami
    Menkominfo Rudiantara, Ketua KPPU Muhammad Syarkawi Rauf, Ketua YLKI Tulus Abadi, Ketua ATSI Merza Fachys, CEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli, dan BRTI Ketut Prihadi, dalam acara diskusi ITF (Indonesia Technology Forum) di Jakarta, Rabu, 26 Juli 2017. - ((Beritasatu Photo/Feriawan Hidayat) )

    Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengatakan, pemerintah harus berada di titik optimal dalam melihat kepentingan industri telekomunikasi dan masyarakat sehingga ada keseimbangan.

    "Harus ada kompetisi sehingga masyarakat mendapat opsi produk maupun layanan," kata Chief RA, panggilan akrab Rudiantara, di sela diskusi interaktif telekomunikasi bertema mencari tarif data yang ideal yang digelar Indonesia Technology Forum (ITF), di Jakarta, Rabu (26/7).

    Pemerintah, kata Chief RA, tidak akan menetapkan floor price dalam hal tarif data, tetapi membuat formula tarif data yang memungkinkan operator masih mendapat ruang untuk bermanuver dalam berkompetisi. Sebab, lanjut dia, operator seluler juga perlu melakukan inovasi dan pembangunan struktur yang itu diperoleh dari sebagian keuntungan yang ada.

    "Yang jelas, saya tidak menetapkan floor price tetapi membuat formula tarif data yang memungkinkan operator masih mendapat ruang untuk bermanuver dalam berkompetisi," tambahnya.

    Presiden Direktur dan CEO Indosat Oredoo, Alexander Rusli, mengatakan, pihaknya melihat positif diskusi mengenai tarif data karena apabila tidak ada langkah dukungan dari pemerintah sulit bagi operator menahan penurunan yield data yang terjadi dalam beberapa tahun ini.

    "Penurunan itu makin irrasional dan bisa menjadi tak prospektif lagi memberikan layanan data kepada masyarakat," kata Alex.

    Sementara itu, Ketua Asosiasi Telepon Selular Indonesia, Merza Fachys, menilai, potensi mobile broadband di Indonesia masih sangat besar. "Namun, tetap mesti ada ekosistem yang mendukung pertumbuhan data seperti kompetitifnya operator," kata Merza.

    Sumber : http://www.beritasatu.com/iptek/443816-rudiantara-pemerintah-perlu-tetapkan-formula-tarif-data.html

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    Hari Nusantara Jadi Momentum Akselerasi Transformasi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa Hari Nusantara yang jatuh pada Minggu (13/12) dapat menj Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA