FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 07-2017

    1705

    Kominfo Akan Intervensi Jika Operator Tak Mau Konsolidasi

    Kategori Sorotan Media | Nur Islami
    Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan akan lakukan intervensi untuk memuluskan proses konsolidasi operator - ((dok. Adhi Wicaksono))

    Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara akan menunjuk direktorat kementeriannya untuk intervensi untuk memuluskan proses konsolidasi. Hal ini dilakukan jika proses konsolidasi operator broadband wireless access (BWA) tak menemui titik terang.

    Rudiantara mengatakan konsolidasi pada dasarnya tak bisa dipaksakan. Menurutnya hanya pendekatan bisnis yang sesuai dalam proses tersebut.

    Namun ia tak menolak apabila peran pemerintah dibutuhkan. Rudiantara berencana mengutus Direktorat Penyelenggara Pos dan Informatika untuk mengurus intervensi tersebut.

    "Pemerintah akan intervensi segera, intervensi bukan saya tapi direktorat pengendalian, apakah PPI atau frekuensi," ucap Rudiantara yang ditemui di Gedung Kemenkominfo, Kamis (27/7).

    Pernyataan intervensi pemerintah ini menyusul kesulitan yang dihadapi operator BWA. Mereka mengaku buntu dalam mencari kata sepakat dalam proses konsolidasi.

    Rudiantara sebelumnya mengancam akan mencabut izin operasional operator telekomunikasi yang enggan berkonsolidasi. Untuk menegaskan niatnya tersebut, pemerintah berencana menetapkan peraturan menteri.

    Kendati demikian Rudiantara mengingatkan pencabutan izin perlu proses sehingga tak bisa dilakukan sembarangan. Namun ia menekankan kembali agar operator segera melakukan konsolidasi demi efisiensi operasional.

    "Saya itu beri opsi ini untuk cut loss, kalau orang rugi tidak mau dibantu ya mau bagaimana lagi," sambungnya.

    Kemenkominfo di bawah Rudiantara sudah lama mengutarakan keinginannya untuk merampingkan jumlah operator telekomunikasi baik seluler maupun BWA di Indonesia. Banyaknya operator dinilai menyebabkan inefisiensi di industri telekomunikasi. (eks)

    Sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20170728151546-185-231005/kominfo-akan-intervensi-jika-operator-tak-mau-konsolidasi/

    Berita Terkait

    Yayasan BAKTI Kominfo Salurkan Bantuan Paket Data kepada Korban Banjir

    Yayasan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia memberikan sejum Selengkapnya

    Yayasan BAKTI Kominfo Salurkan Bantuan Paket Data kepada Korban Banjir

    Yayasan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia memberikan sejum Selengkapnya

    Menkominfo: produk UMKM punya potensi luar biasa

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menilai produk-produk buatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki potensi yang Selengkapnya

    Kominfo siapkan langkah strategis dukung AI

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mendukung pemanfaatan kecerdasan buatan, atau artificial i Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA