FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 08-2017

    3803

    Indonesia Harus Jadi Bagian Dinamika Teknologi Digital

    Kategori Berita Kominfo | doni003
    Menkominfo Rudiantara menerima cinderamata dari Vice President, Asia Pasifik dan Jepang Cloudera Mark Micallef didampingi Country Manager for Indonesia Cloudera Fred Groen di Jakarta, Selasa (29/08/2017) kemarin.

    Jakarta, Kominfo - Dinamika perkembangan teknologi digital yang berlangsung secara global saat ini, akan memengaruhi Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan Indonesia harus menjadi bagian dari perubahan itu.

    “Dalam dinamika perkembangan teknologi digital yang sekarang ini terjadi di dunia, Indonesia tidak bisa melepaskan diri. Indonesia harus menjadi dinamika dari perubahan yang terjadi di dunia teknologi digital, misalnya, digital age atau digital space,” katanya dalam peluncuran Cloudera di Indonesia, Jakarta, Selasa (29/08/2017).

    Menteri Kominfo mendorong setiap pihak berpikir dan vertindak realistis dengan merebut setiap peluang dalam perubahan teknologi digital.

    “Kita harus merebut itu. Kita tidak hanya mengandalkan bahwa semua harus buatan Indonesia, atau semua harus dari orang Indonesia. Prinsip itu, memang sangat bagus. Kalau kita memang bisa memenuhi itu semua. Faktanya, bahwa terjadi dinamika luar biasa dalam teknologi digtial dan kia harus menjadi bagian dari perubahan ini,” tegasnya.

    Menyikapi perkembangan dunia digital, Menteri Rudiantara menuturkan bahwa sebelum menghadiri Peresmian Cloudera, ia menghadiri acara Kedaulatan Digital. “Kedaulatan Digital adalah dimana proses yang terkait teknologi digital baik, aplikasi, device, ekosistem dan jaringan. Itu semua adalah proses nilai tambah yang harus ada  di Indonesia,” paparnya.

    Dengan prinsip itu, Menteri Kominfo menilai sudah saatnya Indonesia menjadi subyek dalam perubahan dunia digital. “Jangan jadikan Indonesia ini sekadar pasar, atau objek, akan tetapi kita sendiri harus menjadi subyek, harus menjadi pemain. Cloudera telah menyediakan platform, engine tetapi aplikasinya kita yang menyiapkan,” tandasnya.

    Pada bagian lain sambutanya, Menteri Rudiantara mengatakan seiring upaya mewujudkan transformasi digital di berbagai kota di seluruh Indonesia, baik pemerintah, bisnis, maupun masyarakat harus diberdayakan dengan sumber daya dan kelahlian yang tepat.

    Cloudera, Inc. Penyedia platform modern terkemuka untuk pembelajaran mesin (machine learning), analitik dan manajemen data yang dioptimasi untuk cloud.

    “Pembukaan entitas secara resmi Cloudera di Indonesai memungkinkan Indonesia untuk membangun kemitraan yang lebih kuat dengan perusahaan tersebut delam rangka meningkatkan kemampuan dan kehaliaan sumber daya Indonesia dalam bidang big data,” pungkas Rudiantara. (dps)

     

    Berita Terkait

    Terima Kunjungan Pelajar SD, Kominfo Berbagi Informasi Dinamika Dunia Digital

    Lebih dari itu, juga memberikan gambaran upaya Pemerintah dalam menciptakan akses internet yang merata. Menurutnya, hal itu penting agar par Selengkapnya

    Kominfo Dorong Mahasiswa Manfaatkan Teknologi AI

    Pemerintah berupaya mempercepat manfaat dan meminimalisasi risiko AI di beberapa bidang prioritas, misalnya bidang kesehatan, dan reformasi Selengkapnya

    [Berita Foto] Menteri Budi Arie Bicara Ekonomi Digital ASEAN

    Pemerintah Indonesia terus mengakselerasi agenda transformasi digital nasional, termasuk memperkuat konektivitas digital, khususnya melalui Selengkapnya

    Kolaborasi Negara ASEAN Bahas Penggunaan Spektrum Hingga Teknologi Baru

    Pertemuan itu membahas perkembangan 5G, perencanaan World Radiocommunication Conference (WRC), perubahan regulasi maupun perkembangan teknol Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA