FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 09-2017

    2648

    PT. Telkom Telah Memenuhi Keseluruhan Migrasi Layanan Telekomunikasi Satelit Telkom-1

    SIARAN PERS NO. 154/HM/KOMINFO/09/2017
    Kategori Siaran Pers

    SIARAN PERS NO. 154/HM/KOMINFO/09/2017

    Tentang

    PT. Telkom Telah Memenuhi Keseluruhan Migrasi Layanan Telekomunikasi Satelit Telkom 1

    Hari ini tanggal 12 September 2017, Menteri Komunikasi dan Informatika bersama Direktur Utama PT. Telkom melaksanakan konferensi pers mengenai pemulihan konektivitas layanan pelanggan yang sudah mencapai 100 % sejak Minggu pukul 24.00 WIB. Konferensi pers dilaksanakan di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jl. Medan Merdeka Barat No. 9, Jakarta Pusat.

    Menkominfo Rudiantara menyampaikan apresiasi dengan apa yang sudah dilakukan oleh PT. Telkom maupun ekosistem pendukung karena telah fokus terhadap pemulihan konektivitas layanan pelanggan Satelit Telkom 1 yang sudah mencapai 100% sejak tanggal 10 September 2017. Menkominfo juga mengucapkan terima kasih bukan hanya kepada PT. Telkom tetapi juga kepada media yang senantiasa menyampaikan kepada publik karena dapat membangun kepercayaan di publik bahwa masalah ini bisa terselesaikan.

    Dari sisi pemerintah, Kementerian Kominfo sudah berkoordinasi dan berkoresponden dengan ITU untuk memastikan bahwa slot orbit yang akan digunakan oleh satelit PT. Telkom yang akan nanti diluncurkan aman.

    PT. Telkom melakukan dua tahap dalam melakukan pemulihan konektivitas layanan pelanggan. Pertama penyediaan transponder pengganti yang selesai sesuai pada waktunya dan tahap kedua adalah melakukan repointing antenna ground segment untuk dialihkan atau diputar kembali dan disesuaikan dengan satelit pengganti yang baru. PT. Telkom berfokus pada pemulihan layanan maka mengoptimalkan seluruh alat produksinya khususnya konektivitas untuk bisa memastikan 15.019 sites sudah pulih,  baik  11.574 sites layanan ATM maupun 3.445 sites Non-ATM. Di dalam pemulihan layanannya, PT. Telkom memanfaatkan dua teknologi alternatif sebagai solusi temporer, yaitu repointing antenna parabola ground segment sebesar 81% , menggunakan sistem machine to machine (M2M) sebesar 14% kemudian menggunakan fiber optik sebesar 5%.

    Direktur Utama PT. Telkom Alex J. Sinaga menyampaikan bahwa saat ini PT. Telkom membuat Posko monitoring kestabilan layanan konektivitas kepada pelanggan pasca pemulihan layanan Satelit Telkom 1 yang tugasnya untuk memonitor stabilitas sehingga para pelanggan bisa langsung menghubungi jika terdapat hal-hal yang tidak stabil untuk dapat diperbaiki kembali.

    Posko monitoring kestabilan layanan konekstivitas ini juga akan mengawal migrasi dari solusi temporer untuk kembali ke solusi permanen dan tentunya perlu adanya koordinasi dengan para pelanggan apakah tetap menginginkan ke VSAT atau menggunakan solusi temporer tersebut menjadi solusi permanen. Proses konektivitas inilah yang akan menjadi tanggung jawab telkom dan pelangggan langsung maupun pelanggan VSAT  dan seluruh biaya reponting ditanggung oleh PT. Telkom.

     

    Biro Humas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika

     

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA