FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 09-2017

    1262

    Jangan Takut dengan Digitalisasi

    Kategori Sorotan Media | Nur Islami
    Ilustrasi penggunaan smartphone di era digitalisasi.

    VIVA.co.id – Digitalisasi mempermudah segala aktivitas, sehingga tidak perlu takut dengan kedatangannya. Namun, terus berkembangnya teknologi informasi semakin banyak pula sumberdaya manusia yang dibutuhkan.

    Hal itu diungkapkan Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo, Mariam Fatima Barata.

    "Penguatan sektor TIK lokal menciptakan lapangan kerja dan akses peluang untuk pengembangan," ujar Mariam, di IPMI International Business School, Jakarta, Jumat 15 September 2017.

    Ia lalu mencontohkan transportasi online seperti Gojek. Walaupun beralih ke digital, tapi sumberdaya manusia tetap dibutuhkan.

    "Ini kombinasi yang sempurna. Satu sisi, digital (aplikasi online) untuk mempermudah pengguna dan driver sebagai pelaku pelaksana jasa," kata dia.

    Kemudian, bertaburannya marketplace dan e-commerce. Ia mengatakan belanja online mempermudah pengguna sehingga tidak perlu lagi keluar rumah. Akan tetapi, lagi-lagi tetap dibutuhkan tim di dalam platform tersebut.

    Pada kesempatan yang sama, Founder ICED Institute, Jimmy Gani, menambahkan Indonesia membutuhkan strategi percepatan pembangunan berbasis TIK supaya dapat meningkatkan daya saing secara global.

    "Dewasa ini Indonesia menghadapi kemunduran baik di bidang pendidikan, kualitas sumberdaya manusia, dan teknologi. Sehingga, daya saing kita, baik tingkat regional ASEAN maupun global, masih kalah bersaing dengan negara lain," ujar Jimmy. ICED Institute adalah lembaga riset penelitian dan pendidikan yang punya misi mewujudkan peningkatan daya saing bangsa khususnya bidang ekonomi, keuangan dan teknologi. ICED diharapkan bisa mencetak sumberdaya manusia yang berkualitas.

    Sumber : http://www.viva.co.id/digital/digilife/957254-jangan-takut-dengan-digitalisasi

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Kominfo Imbau Masyarakat Pakai Tanda Tangan Digital, Apa Itu?

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau agar masyarakat mulai menggunakan tanda tangan elektronik (TTE) sebagai upay Selengkapnya

    IBM dan Kemenkominfo Persiapkan Talenta Digital

    IBM, perusahaan teknologi global, bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk meningkatkan keterampilan Selengkapnya

    Kominfo gandeng perusahaan rintisan lokal dorong digitalisasi UMKM

    Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menggandeng perusahaan rintisan (start-up) bidang teknologi seperti Gojek untuk Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA