FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 10-2017

    1326

    Sulitnya Tarik Pajak dari Transaksi di Medsos

    Kategori Sorotan Media | Evita Devega

    Kepala Subdit Tata Kelola e-Business Kementerian Kemenkominfo, Nyoman Adhiarna, mengatakan pemungutan pajak paling memungkinkan yakni dari transaksi toko online. Sementara skema pengenaan pajak pada transaksi online yang dilakukan lewat media sosial tetap sulit dilakukan.

    "Ini yang susah, underground, kita enggak atur sementara. Kita lagi advantage jadi tahap awal, jangan terlalu diatur-atur, tapi kalau orang beli di Instagram, barang enggak sesuai tanggung jawab sendiri," ungkap Nyoman, dalam Diskusi Potensi E-Commerce di JIExpo, Jakarta, Kamis (12/10/2017).

     

    Dia menuturkan, negara maju sekali pun saat ini belum menemukan formula untuk sistem pemajakan pada jual beli di media sosial. Di saat bersamaan, transaksi pada toko online juga masih banyak evaluasi.

     

    "Saya pikir sulit, di negara lain juga belum ada. Kan punya saya taruh gambar barang di FB terus saja jual kan pribadi. Teman-teman dari Bukalapak enggak mau dipajakin, mereka takut nanti orang jualannya ke sana, jualan ke Instagram," kata Nyoman.

     

    Menurutnya, kemajuan teknologi membuat regulator pun harus putar otak, termasuk dalam soal perpajakannya. Perubahannya pun dari waktu ke waktu sangatlah dinamis.

     

    "Kayak kemarin orang jual kaset ada cukainya, sekarang beli online pakai i-Tunes enggak bisa, beli lewat app store juga bayar pajak, tapi kemudian pindah jualan ke medsos enggak bisa dipajakin," pungkas Nyoman.

    Sumber: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3681147/sulitnya-tarik-pajak-dari-transaksi-di-medsos

    Berita Terkait

    Kominfo Ajak Difabel Wujudkan Transformasi Digital Inklusif

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali menggelar Kompetisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Nasional untuk di Selengkapnya

    Kominfo dorong Telemedisin untuk akselerasi transformasi digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan pengembangan solusi kesehatan dengan pemanfaatan teknologi menjad Selengkapnya

    Kominfo Temukan 1.125 Hoaks di Medsos Terkait Corona

    Di tengah penyebaran virus corona seperti saat ini, penyebaran hoaks soal corona di media sosial ikut juga menyebar. Kementerian Komunikasi Selengkapnya

    Anak Muda Didorong Jadi Tim Edukasi COVID-19 di Medsos

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) mendorong agar komun Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA