FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 10-2017

    1493

    Ekonomi Digital, Lahan Baru untuk UKM

    Kategori Sorotan Media | Evita Devega

    Selama kunjungan, saya akan bertemu Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Pertemuan ini merupakan kesempatan untuk mendiskusikan pentingnya reformasi ekonomi dan perlunya kebijakan industri modern. Bulan lalu Komisi Eropa mempresentasikan strategi kebijakan industri baru untuk mendukung Eropa yang kuat secara global dalam hal inovasi, digitalisasi dan dekarbonisasi. Tujuan dari kebijakan industri ini adalah memodernisasi perindustrian dan Eropa bisa menjadi mitra yang adil untuk modernisasi dalam rantai pasokan global.

    Saya tahu betul bahwa kebijakan usaha kecil dan menengah (UKM) adalah jantung dari perekonomian kita masing-masing. Bagi Indonesia dan Uni Eropa, UKM mewakili lebih dari 99% perusahaan-perusahaan yang ada. Itulah sebabnya kita bisa saling belajar dari pengalaman kita masing-masing dalam memberikan dukungan pada penciptaan lingkungan bisnis yang lebih baik bagi mereka, yang pada akhirnya akan menghasilkan lebih banyak lahan kerja dan pertumbuhan yang lebih tinggi.

     

    Pentingnya UKM untuk pengembangan hubungan ekonomi kita tercermin pula dalam negosiasi bilateral untuk Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (Indonesia-UE CEPA) yang akan mencakup ketentuan yang memungkinkan UKM memperoleh manfaat penuh dari kesepakatan tersebut.

     

    Sebagai Komisioner Uni Eropa yang bertanggung jawab atas kebijakan pasar internal, perindustrian, kewiraswastaan dan UKM di Eropa, salah satu inisiatif utama saya berorientasi pada perluasan ekonomi digital. Di antara upaya yang dikembangkan oleh Uni Eropa untuk terus memperbaiki dan memodernisasi Pasar Tunggal –yaitu yang terdiri atas 500 juta konsumen dan 21 juta UKM– adalah strategi ’Pasar Tunggal Digital untuk Eropa’ (Digital Single Market for Europe).

     

    Strategi komprehensif ini bertujuan untuk membuka peluang digital bagi individu dan bisnis. Ini akan menjadikan Eropa sebagai mitra digital yang baik di dunia global karena akan menciptakan lingkungan ekonomi yang lebih adil, transparan dan lebih kompetitif, di mana semua perusahaan tunduk pada peraturan perlindungan data dan peraturan konsumen yang sama.

     

    Dengan 338 juta pelanggan telekomunikasi seluler pada akhir tahun 2015 –dan 98% di antaranya berlangganan paket prabayar– Indonesia adalah pasar telekomunikasi bergerak (mobile) terbesar keempat di dunia. Pasar diperkirakan akan terus tumbuh pada masa depan. Indonesia juga merupakan salah satu pasar internet terbesar di Asia Tenggara dengan lebih dari 88,1 juta pengguna internet aktif pada bulan Januari 2016. Dengan kata lain, tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai sekitar 34%.

     

    Terlepas dari pertumbuhan yang semakin meningkat, Indonesia terus menghadapi berbagai tantangan untuk mengembangkan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) dan ekonomi digitalnya. Karena tersebar di lebih dari 17.000 pulau –sekitar 3.000 di antaranya dihuni- geografi Indonesia menyajikan berbagai tantangan unik bagi pemasangan dan pengoperasian infrastruktur komunikasi. Dalam menjawab tantangan ini, perusahaan-perusahaan Uni Eropa siap bekerja sama. Ada banyak bidang yang merupakan kepentingan bersama. Dalam konteks inilah saya akan bertukar pandangan dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Jakarta.

    Akhirnya, saya perlu menggarisbawahi pentingnya bagi kami bahwa Jakarta menjadi markas Sekretariat Asean. Integrasi regional dengan Membangun Konektivitas penting bagi kedua wilayah kita. Eropa terus memberikan dukungan terhadap proses integrasi regional Asean secara politis, finansial dan dengan berbagi pengalaman seperti yang akan saya sampaikan saat kunjungan saya ke Sekretaris Jenderal Asean, Le Luong Minh.

     

    Elzbieta Bienkowska, Komisioner Uni Eropa untuk Pasar Internal, Perindustrian, Kewirausahaan dan UKM.

    Sumber: http://id.beritasatu.com/opini/ekonomi-digital-lahan-baru-untuk-ukm/166416

     

    Berita Terkait

    Migrasi TV analog ke digital, pemerintah akan berikan bantuan alat

    Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membagikan alat khusus yang akan memungkinkan untuk migrasi televis Selengkapnya

    UMKM Dorong RI Jadi Raksasa Ekonomi Digital Dunia

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo Widodo Muktiyo mengajak para pelaku UMKM percaya diri untuk menj Selengkapnya

    Kominfo digitalisasi kawasan Mandalika

    Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi di Kawasan Destinasi Selengkapnya

    Kemenkominfo Dukung Program Kuota untuk PJJ

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan Kebijakan Bantuan Kuota Data Internet T Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA