FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 10-2017

    2645

    Menkominfo: Pasar Halal Indonesia Punya Peluang Besar

    Kategori Berita Kominfo | Viska
    Menkominfo Rudiantara memberikan keynote speech pada The 2nd Indonesia International Halal Lifestyle Expo & Conference di Balai Kartini, Kamis (19/10/2017) - (VY)

    Jakarta, Kominfo -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan kebutuhan dan peluang akan pasar halal di Indonesia sangat luar biasa. Terdapat gap yang belum terpenuhi antara kebutuhan pasar dengan jangkauannya kepada produk muslim.

    “Tahun 2014 – 2015, ada 1,2 juta orang yang mencari hal berkaitan dengan fashion muslim, hijab, kerudung dan sebagainya. Tapi hanya 10% yang sampai ke produk. Jadi ada gap demand yang luar biasa dari orang yang butuh tapi tidak sampai ke solusi belanja daring,” kata Menkominfo dalam Konferensi The 2nd Indonesia International Halal Lifestyle Expo & Conference (INHALEC) di Balai Kartini Jakarta, Kamis (19/10/2017).

    Menurut Menteri Rudiantara, jika dilihat dari sisi ekonomi, daya beli masyarakat Indonesia bukan menurun namun justru lifestylenya yang berpindah. “Terjadi shifting dalam belanja daring, dari beli baju, apparels, sekarang banyak yang mulai pindah ke leisures, travel,” paparnya.

    Dengan kesempatan pasar yang terbuka luas ini, Menteri Rudiantara menegaskan pemerintah turut membantu dengan mengeluarkan Peta Jalan E-Commerce. “I am a firm believer bahwa kesempatan dan peluang dalam pasar muslim ini sangat luas. Oleh karenanya pemerintah buatkan peta jalan e-commerce, fokusnya ke infrastruktur dan cyber security,” tandasnya.

    Pameran The 2nd INHALEC diikuti 106 peserta dari dalam negeri dan 45 peserta dari luar negeri, mencakup 10 sektor yang menjadi bagian dari gaya hidup halal, yaitu makanan, pariwisata, fashion, kosmetik, pendidikan, finansial, farmasi, media dan rekreasional, layanan kesehatan dan kebugaran, serta seni dan budaya.

    “Ajang ini sekaligus membuktikan bahwa Indonesia sebagai negara mayoritas muslim tak sekadar bisa menjadai konsumen industri halal, tapi juga produsen produk halal untuk pasar global,” kata Ketua Halal Lifestyle Center Sapta Nirwandar yang bertindak sebagai penyelenggara 2nd INHALEC. (VY)

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA