FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 10-2017

    1956

    3 TAHUN JOKOWI-JK: Palapa Ring akan Beri Fasilitas Internet yang Sama dari Sabang-Merauke

    Kategori Sorotan Media | Evita Devega

    Palapa Ring merupakan proyek berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer. Pemerintah membagi proyek ini menjadi tiga paket yakni paket barat, tengah, dan timur.

    Paket barat akan menjangkau wilayah Riau dan Kepulauan Riau (sampai dengan Pulau Natuna) dengan total panjang kabel serat optik sekira 1.980 km dan nilai kontrak selama 15 tahun sebesar Rp3,4 triliun.

     

    Paket tengah akan menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara (sampai Kepulauan Sangihe-Talaud) dengan total panjang kabel serat optik sekira 2.647 km dan nilai kontrak selama 15 tahun sebesar Rp3,5 triliun.

     

    Paket timur menjangkau wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua (sampai pedalaman Papua) dengan total panjang kabel serat optik sekira 8.454 km dan nilai kontrak selama 15 tahun sebesar Rp14 triliun.

     

    Pengerjaan Palapa Ring paket tengah telah dimulai sejak November 2016 dan diharapkan rampung pada 2018 mendatang. Meski demikian Kementerian Komunikasi dan Informatika, selaku penanggung jawab proyek, paling lambat menargetkan pada 2019.

     

    Sementara itu, Palapa Ring paket timur resmi efektif pada Maret 2017 setelah mendapatkan pendanaan sekira Rp4 Triliun dari Bank BNI. Proyek di kawasan timur Indonesia ini ditargetkan rampung pada 2019.

     

    Sedangkan pemasangan kabel optik bawah laut di proyek Palapa Ring Barat telah digelar Kominfo pada Agustus 2017. Menteri Rudiantara mengatakan bahwa penggelaran kabel optik sendiri dibagi menjadi dua kawasan yakni darat dan laut.

     

    Tahapan yang masuk dalam batch 1 tersebut menggelar kabel serat optik sekira 1.242 km yang meliputi Tanjung Bembam Batam – Tarempa (sepanjang 369 km); segmen Tarempa – Ranai (322 km); segmen Ranai – Singkawang (352 km); dan segmen Sekanah Daik Lingga – UQJ Bintan Tanjung Bembam (199 km).

     

    Sementera batch kedua akan dilakukan di kawasan Batam – Karimun – Tebing Tinggi – Bengkalis – Siak serta segmen Daik Lingga – KualaTungkal. Proyek pemasangan kabel optik di bawah laut ini menyerap sekira 70% dari total investasi.

     

    Proyek Palapa Ring Barat ditargetkan bakal rampung pada Februari 2018, namun menurut Rudiantara penyelesaian proyek tersebut bisa dipercepat menjadi hingga akhir tahun 2017.

     

    Proyek ini dijalankan menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) yang merupakan penerapan skema pembayaran ketersediaan layanan atau availability payment (AP).

     

    Skema tersebut diprakarsai Kementerian Keuangan dengan sumber dana dari dana kontribusi Universal Service Obligation (USO).

    Sumber: https://techno.okezone.com/read/2017/10/17/207/1797369/3-tahun-jokowi-jk-palapa-ring-akan-beri-fasilitas-internet-yang-sama-dari-sabang-merauke

    Berita Terkait

    Tol Langit Palapa Ring Jembatani Jurang Digital di Indonesia

    Rampungnya pembangunan tol langit Palapa Ring yang diwujudkan dengan pembangunan jaringan fiber optik di seluruh Indonesia diharapkan mampu Selengkapnya

    Palapa Ring Buat Harga Infrastruktur Internet Jadi Murah

    Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebut bahwa kehadiran Palapa Ring bisa me Selengkapnya

    Palapa Ring Rampung, Tarif Internet Se-Indonesia Bisa Satu Harga

    Rampungnya Palapa Ring Timur disebut dapat mendorong tarif telekomunikasi yang lebih murah, terutama untuk pengguna di wilayah Timur Indones Selengkapnya

    Program Palapa Ring, 480 Akses Internet Telah Dibangun Di NTT

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA